'ICT Expo 2012' tampilkan produk unggulan daerah

id produk unggulan ICT

'ICT  Expo 2012' tampilkan produk unggulan daerah

Ilustrasi produk kerajinan (antaranews.com)

Jogja (ANTARA Jogja) - "Indonesia Craft and Tourism Expo 2012" bertema Cintai Produk dan Pesona Indonesia menampilkan produk unggulan daerah dan objek wisata di negeri ini.

"Pameran itu merupakan ajang penting bagi produsen dalam negeri untuk menampilkan produk berkualitas," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Riyadi Ida Bagus Salyo Subali di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia pada pembukaan "Indonesia Craft and Tourism (ICT) Expo 2012" di Jogja Expo Center (JEC), hasil kreativitas itu penting dalam persaingan era ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA) dan menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) pada 2015.

"Pameran itu berskala nasional dan menjadi `event` paling penting untuk melakukan bisnis dan perluasan jaringan pemasaran sehingga produk unggulan daerah akan terus berkembang dan memiliki daya saing di dalam dan luar negeri," katanya.

Ketua Panitia "ICT Expo 2012" Nurhadi mengatakan, penyelenggaraan "event" itu dimaksudkan untuk memperluas jaringan pemasaran produk daerah sehingga terjadi peningkatan pemasaran dan perdagangan antardaerah di dalam negeri.

Selain itu, menurut dia, sesuai dengan temanya, "ICT Expo 2012" juga mendorong peningkatan mutu produk derah sesuai dengan permintaan pasar dan meningkatkan daya saing produk daerah dalam era perdagangan bebas ACFTA.

Ia mengatakan, kegiatan yang berlangsung hingga 8 Juli 2012 itu juga untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah.

Atas dukungan semua pihak, kata dia, ajang pameran yang menampilkan aneka produk unggulan daerah seperti fashion dan aksesoris serta objek wisata di Indonesia itu dapat terselenggara.

"Kami berharap pameran tersebut dapat bermanfaat bagi produsen dan masyarakat serta mampu meningkatkan volume dan nilai pemasaran produk daerah," katanya.

(L.B015)