SMKN 1 Godean wakili Indonesia ke APCC

id smk godean wakili

SMKN 1 Godean wakili Indonesia ke APCC

Lima Siswa SMK Negeri 1 Ghodean mewakili Indonesia ke ajang "Asia Pacific Company of The Year Competion" yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia,25-27 Februari 2013, menunjukkan hasil karya mereka. (Foto ANTARA/Victorianus Sat)

Sleman (Antara Jogja) - Lima siswa Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 1 Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mewakili Indonesia pada ajang "Asia Pasific Company of the Year Competition" yang akan berlangsung di Kuala Lumpur Malaysia 25-27 Februari 2013.

"Kelima siswa itu berhak mewakili Indonesia setelah meraih juara ke dua pada Kompetisi Junior Indonesia (PJI) tingkat nasional beberapa waktu lalu," kata Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Godean Ery Widaryana, Kamis.

Menurut dia, pada lomba ini para siswa yang telah membentuk perusahaan di sekolah ini mewakili Provinsi DIY di tingkat nasional.

"Produk atau karya yang dihasilkan perusahaan yang dikelola para siswa tersebut berupa tas, dompet dan kerajinan lain yang berbahan lokal seperti pandan, mendong dan akar wangi," katanya.

Ia mengatakan, perusahaan siswa tersebut beranggotakan 25 siswa yang mengelola perusahaan tersebut sesuai dengan bidang yang diajarkan di sekolah.

"Mereka mengelola secara mandiri, dan dari hasil produksi pada 2012 omzet telah mencapai RP8 juta dengan laba bersih Rp1,8 juta. Saat ini memang belum murni bisnis karena yang lebih utama adalah pembelajaran siswa," katanya.

Ery mengatakan, produk kerajinan yang dihasilkan para siswa ini rata-rata dalam satu bulan mencapai masing-masing 30 unit.

"Produk-produk tersebut yang kemudian dipasarkan dan dikelola para siswa," katanya.

Ia mengatakan, dalam ajang "Asia Pasific Company of the Year Competition" (APCC) tersebut para siswa akan presentasi soal perusahaan siswa, pameran hasil produksi dan praktik cara membuat kerajinan tersebut.

"Semua presentasi maupun tanya jawab dalam ajang APCC tersebut akan menggunakan Bahasa Inggris. Dalam ajang tingkat nasional lalu hanya SMK Negeri 1 Godean yang presentasi dengan Bahasa Inggris," katanya.

(V001)