Pengamat: minimnya perubahan DCS-DCT akibat apatisme masyarakat

id arie sujito dcs

Pengamat: minimnya perubahan DCS-DCT akibat apatisme masyarakat

Arie Sujito (foto ilustrasi/sosiologi.fisipol.ugm.)

Jogja (Antara Jogja) - Minimnya perubahan dari daftar calon sementara anggota legislatif menjadi daftar calon tetap disebabkan apatisme masyarakat dalam mengkritisi dan memberi masukan, kata pengamat politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Arie Soedjito.

"Sedikitnya perubahan dari daftar calon sementara (DCS) menjadi daftar calon tetap (DCT) kemarin itu karena masyarakat sebagai pemilih masih banyak yang kurang kritis dan peduli," kata Arie di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, meskipun sebagian besar perubahan DCS menjadi DCT dipengaruhi oleh persoalan administrasi, namun hal tersebut menggambarkan sosialisasi DCS tidak efektif.

Arie juga berpendapat bahwa apatisme masyarakat untuk mengkritisi calon legislatif juga disebabkan mereka menganggap bahwa proses pemilu hanya merupakan instrumen formalisasi kekuasaan semata yang masih jauh dari kepentingan kesejahteraan mereka.

"Kesadaran kritis masyarakat juga cenderung berkurang akibat mereka menganggap bahwa pemilu sekadar formalitas kekuasaan saja," katanya.

Selain itu, kata dosen Sosiologi Politik UGM ini, di sisi lain, pihak partai politik (parpol) juga cenderung tidak perduli ketika muncul masukan dari masyarakat. Bahkan cenderung melindungi bakal calon untuk tetap dipertahankan hingga menjadi DCT.

"Seringkali parpol justru melindungi, tidak perduli terhadap masukan masyarakat sehingga mempertahankan caleg yang diusung tetap masuk DCT," katanya.

Menurut dia, hal itu juga menggambarkan bahwa parpol belum memiliki kesadaran dan komitmen untuk mereformasi partainya menjadi lebih berkualitas.

Sebelumnya, pada Kamis (22/8) KPU DIY telah secara resmi mengumumkan DCT anggota DPRD DIY untuk Pemilu 2014 sebanyak 580 orang. Jumlah tersebut hanya berkurang satu dari DCS yang berjumlah 581 orang.

"Ada pengurangan satu calon anggota legislatif dari Partai Hanura karena yang bersangkutan sudah menyatakan mengundurkan diri," kata Anggota KPU DIY Miftachul Alfin.(KR-LQH)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024