DPRD Bantul tetapkan pimpinan definitif

id DPRD

DPRD Bantul tetapkan pimpinan definitif

Kantor DPRD Kab. Bantul (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam Rapat Paripurna Istimewa, Kamis, menetapkan pimpinan definitif lembaga legislatif itu untuk masa jabatan periode 2014-2019.

Pimpinan DPRD Bantul itu antara lain Hanung Raharjo dari PDI Perjuangan sebagai Ketua, kemudian Mahmud Ardi Widanto dari Partai Amanat Nasional (PAN) Nur Subiantoro dari Gerindra kemudian Arni Tyas Palupi dari Partai Golkar masing-masing wakil ketua.

Penetapan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan definitif dihadapan Bupati Bantul dan unsur pimpinan SKPD setempat ditandai dengan penyerahan palu pimpinan dari pimpinan sementara yakni Hanung Raharjo (yang telah ditetapkan sebagai Ketua definitif) dan Enggar Suryo Jatmiko dari Gerindra.

"Tugas baru sebagai pimpinan ini merupakan amanah yang mulia, dan ini akan menjadi tugas berat, sebab keberhasilan DPRD Bantul untuk lima tahunan ini akan menjadi tanggungjawab kami," kata Ketua DPRD definifit Hanung Raharjo dalam sambutannya.

Dengan demikian, kata dia tidak ada cara lain selain harus berupaya dengan bekerja keras serta menjalankan tugas dan fungsi sebaik-baiknya, selaku pimpinan pihaknya juga meminta seluruh anggota DPRD Bantul membantu mengawal roda pemerintahan lima tahun mendatang.

"Untuk selanjutnya kami akan segera membentuk tata tertib (tatib) dan alat kelengkapan (alkap), kami menyadari bahwa tugas tersebut tidak mudah diselesaikan, sehingga kami harapkan bantuan dari teman-teman anggota DPRD Bantul," katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul, Sri Surya Widati berharap pimpinan DPRD definitif dapat mengemban amanah rakyat dan menjalankan fungsi pengawasan dengan baik, apalagi mereka merupakan wakil rakyat yang langsung dipimpin oleh rakyat.

"Saya mempercayai pimpinan DPRD dipilih juga karena kehendak rakyat, sosok orang terpilih melalui demokrasi dan legitimasi rakyat, makanya Pemkab Bantul berharap banyak pimpinan beserta anggota DPRD dapat melaksanakan fungsi sebaik-baiknya," katanya.

Bupati juga mengatakan, dengan terpilihnya DPRD pimpinan ini bukanlah tujuan akhir, namun sebagai awal untuk menjalankan roda pemerintahan lima tahun ke depan, sehingga harapannya lembaga legislatif ini dapat menjalin kemitraan dengan lembaga eksekutif untuk pembangunan Bantul.
(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024