Lanal Yogyakarta gelar lomba melukis kemaritiman

id lanal yogyakarta

Lanal Yogyakarta gelar lomba melukis kemaritiman

Ilustrasi lomba melukis tingkat SD (antarafoto.com)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Pangkalan TNI-AL Yogyakarta menyelenggarakan lomba mewarnai dan melukis bertema kemaritiman di Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Kartoli di Kulon Progo, Minggu, mengatakan lomba ini diikuti sekitar 350 siswa taman kanak-kanak dan sekolah dasar untuk mengenalkan kemaritiman sejak usia dini.

"Kegiatan melukis dan mewarnai anak sekolah tingkat TK dan SD merupakan kegiatan Lanal Yogyakarta, sebagai bagian dari pemangku kepentingan yang punya keinginan dan antusiasme untuk mengenalkan kemaritiman sesuai program pemerintah pusat maupun DIY terkait among tani, among dagang, dan among layar," kata Kartoli.

Ia mengatakan anak-anak ini akan menjadi penerus dan penjaga kemaritiman. Anak-anak ini yang akan memakmurkan dan mengembangkan kemaritiman Indonesia, Kulon Progo pada khususnya.

"Kami berharap, mereka akan ikut berkontribusi bahwa masalah kemaritiman bukan hanya masalah nelayan. Untuk itu, kami kenalkan kemaritiman sejak dini. Kami menyelenggarakan mewarnai dan melukis dengan tema kemaritiman," katanya.

Selain itu, Kartoli mengatakan dipilihnya lokasi Pelabuhan Tanjung Adikarto untuk rangkaian peringatan hari Dharma Bahari karena sarana prasarana yang ada di pelabuhan sudah siap namun sekian lama tidak dipakai.

Oleh karena itu Lanal Yogyakarta ingin mengawali, sekaligus mensosialisasikan pelabuhan Tanjung Adikarto. Ke depan Lanal Yogyakarta juga akan membuat kegiatan-kegiatan lanjutan untuk mengenalkan kemaritiman.

"Yang jelas lingkungan ini yang sudah tertata dengan rapi agar tidak dibiarkan begitu saja, kami ikut mengawali. Harapannya kita mengambil kegiatan ini berkahnya ke depan menjadi keseriusan. Langkah redesign yang akan dilakukan itu merupakan langkah keseriusan karena dananya cukup besar dan melibatkan banyak ilmu banyak profesi," katanya.

Komandan Unit Intel Lanal Yogyakarta Kapten Kusmayadi mengatakan kegiatan melukis dan mewarnai ini juga diisi pelukis Yogyakarta yang terkenal yakni Joko Wasis. Joko melukis Pahlawan Aceh Laksamana Malahayati dengan mata tertutup. Selain itu, Joko Wasis juga mempersembahkan lukisan Komodor Yos Sudarso.

"Kami ingin memperkenalkan pahlahwan Indonesia yang ahli kemaritiman dan pembela tanah air," katanya.***1***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024