Pemkab koordinasi PUPR terkait pembangunan embung Bribin

id Pemkab koordinasi PUPR terkait pembangunan embung Bribin

Pemkab koordinasi PUPR terkait pembangunan embung Bribin

Kabupaten Gunung Kidul (Foto Istimewa) (istimewa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait rencana pembangunan embung di Kawasan Gua Bribin guna mencukupi kebutuhan air masyarakat sekitar.

Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul, Senin, mengatakan pihaknya sudah mendengar wacana adanya pembangunan embung yang digunakan untuk menampung air yang diambil dari Gua Bribin II.

"Kami akan mendukung jika wacana pembanguna embung tersebut segera dilakukan," kata Badingah.

Ia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian PU-PR agar bisa segera direalisasikan. Harapannya, tampungan air yang berada di atas bukit itu bisa menyalurkan kebutuhan air ke masyarakat.

"Kami akan segera berkoordinasiuntuk menyiapkan lahan," katanya.

Sementara Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno mengatakan pembangunan embung tersebut hasil kunjungan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu. Dari hasil kajian memerlukan tampungan dari sumber mata air di Bribin II.

"Jadi pembangunan itu kelanjutan kunjungan menteri beberapa waktu lalu," katanya.

Diperkirakan, lanjut dia, pembangunan embung dengan puncak bukit, nantinya untuk menampung air dari bribin, dan bisa menampung air hujan. Kalau sudah dipastikan pembangunan diperkirakan akan memerlukan waktu hingga 9 bulan.

"Selama ini, pompa di dalam bribin rusak, sehingga tidak bisa mengalir. Untuk diperlukan bak penampungan," katanya.

Suharno mengatakan bila nanti benar maka akan memudahkan masyarakat, karena dari puncak akan disalurkan tenaga grafitasi."Semoga bisa segera dilaksanakan, untuk menanggulangi kebutuhan air," katanya.

(U.KR-STR)