Legislator optimistis infrastruktur Asian Games siap 2017

id Asian Games

Legislator optimistis infrastruktur Asian Games siap 2017

Logo Aseian games 2018 (Istimewa)

Bantul (Antara) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI MY Esti Wijayati optimistis infrastruktur untuk penyelenggaraan ajang olahraga `Asian Games` 2018 di Palembang dan Jakarta sudah siap pada 2017.

"Kami baru saja ke Palembang kemudian juga melihat wisma atlet yang sudah dibangun saat ini, kami optimistis dalam tahun 2017 ini akan bisa disiapkan dengan baik," kata Esti di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis.

Menurut dia, kesiapan infrastruktur dalam penyelenggaraan ajang olahraga negara-negara Asia itu juga sesuai penjelasan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) selaku mitra kerja Komisi X.

"Bahkan monorel yang di Palembang itu tiang tiangnya sudah nyambung, sehingga tinggal penyelesaian akhirnya dan saya meyakini 2017 segala sesuatunya sudah bisa dipersiapkan dengan baik, termasuk dari persiapan infrastruktur," katanya.

Esti juga menjelaskan, untuk di Jakarta sekarang ini sudah mempersiapkan segala sesuatu termasuk infrastruktur untuk Asian Games, karena memang ajang olahraga tahun depan itu digelar di Jakarta dan Palembang.

"Saya kira secara infrastruktur sudah lebih 60 persen dari venue venue yang untuk pertandingan-pertandingan, kemudian wisma atlet sudah siap. Kita akan kawal betul bahwa Asian Games harus berjalan betul dan tidak mempermalukan kita sebagai tuan rumah," katanya.

Selain mematangkan persiapan infrastruktur, kata dia, pemerintah melalui Kemenpora sekarang ini juga berusaha untuk bisa meningkatkan prestasi atlet-atlet Tanah Air, karena hal itu merupakan sesuatu yang tidak kalah penting.

"Kemudian bagaimana kita bisa selenggarakan dengan baik karena ini kegiatan internasional yang membawa nama baik RI yang kemudian ini adalah kali kedua setelah dulu pada zaman Presiden Soekarno kita selenggarakan Asian Games," katanya.

Ia mengatakan, yang juga menjadi catatan selain infrastruktur dari pemerintah masyarakat Indonesia terutama di daerah penyelenggaraan juga perlu disiapkan, karena kegiatan itu akan mendatangkan belasan ribu orang.

"Bahkan yang ke Palembang sudah kita hitung mungkin pada hari H bertanding akan ada sekitar 12 ribu orang pada beberapa hari, saya kira kesiapan hotel juga perlu di Palembang, termasuk Jakarta saya kira juga harus berbenah," katanya.

(KR-HRI)