34 juta hektare DAS dalam kondisi kritis

id aliran sungai

34 juta hektare DAS dalam kondisi kritis

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebutkan 34 juta hektare dari 190 juta hektare total luas daerah aliran sungai di Indonesia dalam kondisi kritis.

"Seluas 34 juta hektare daerah aliran sungai (DAS) di Indonesia dalam kondisi kritis," kata Siti dalam Seminar Nasional ke-3 Pengelolaan Pesisir dan Daerah Aliran Sungai di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa.

Dari jumlah DAS dengan kondisi kritis tersebut, sebanyak 15 DAS menjadi prioritas pemerintah untuk diperbaiki hingga 2019. Sebanyak 15 DAS itu di antaranya adalah DAS Asahan, DAS Musi, DAS Cisadane, DAS Citarum, DAS Serayu, DAS Brantas, dan Kapuas.

Siti mengakui pelaksanaan pengembalian kondisi lingkungan DAS yang kritis tidak mudah kendati secara dokumen sudah ada kerja sama antara pemerintah pusat, dirjen dan pemda. Perbaikan DAS juga diakui membutuhkan anggaran yang besar.

"Memang pelaksanaan tidak gampang Jika tergantung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sangat sulit, kita melakukan pendekatan berbeda dengan melibatkan masyarakat dan swasta," kata dia.

Kerusakan DAS, kata dia, selama ini berkontribusi memeberikan dampak pada bencana lingkungan, seperti banjir, longsor dan kekeringan.

Meski demikian, ia mengatakan bencana kekeringan yang terjadi di daerah saat musim kemarau tahun ini mengalami penurunan drastis dibanding tahun lalu.

Area kekeringan sekitar 30-50 ribu hektare dan area gagal panen sekitar 35 ribu hektare," kata Siti.***3***



(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024