Dua bus toilet lengkapi layanan kakus portabel

id bus toilet,kakus portabel

Dua bus toilet melengkapi layanan kakus portabel yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta (Foto Antara/Eka Arifa/ags.)

Yogyakarta (Antaranewsjogja) - Sebanyak dua bus toilet makin melengkapi layanan kakus portabel yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta pada tahun ini.

"Dua bus ini tiba akhir 2017, bahkan sudah sempat dioperasionalkan saat perayaan malam tahun baru di Titik Nol Kilometer Yogyakarta," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, dua bus toilet tersebut akan lebih banyak digunakan untuk layanan tamu VIP sehingga fasilitas kakus di dalam bus pun cukup eksklusif.

Setiap bus hanya memiliki dua bilik yang masing-masing dilengkapi dengan toilet duduk dan urinoir. Di dalam bilik pun sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan.

"Ada tambahan fasilitas wastafel dan pengering tangan di dalam di luar bilik. Kebersihan pun akan terus kami jaga," kata Agus.

Bus toilet yang berwarna hijau muda tersebut memiliki tampilan seperti bus pada umumnya dan jauh berbeda dibanding mobil toilet portabel yang sudah dimiliki Pemerintah Kota Yogyakarta.

Mobil toilet portabel memiliki bentuk seperti kendaraan bak tertutup. Di dalamnya terdapat empat bilik yang terdiri atas dua toilet dan dua urinoir.

Sampai saat ini, lanjut Agus, Pemerintah Kota Yogyakarta belum menerapkan besaran sewa untuk bus toilet tersebut.

"Aturan besaran sewa yang akan diterapkan masih kami kaji," katanya.

Pemerintah Kota Yogyakarta menganggarkan dana sekitar Rp1,3 miliar untuk pengadaan dua unit bus toilet tersebut.

Adapun besaran sewa untuk mobil toilet portabel sudah ditetapkan sebesar Rp2,1 juta per 24 jam untuk penggunaan dalam Kota Yogyakarta dan Rp3 juta per 24 jam untuk sewa di luar Kota Yogyakarta.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar