Sleman luncurkan buku "Cerita Bumi Sembada"

id Bumi sembada

Peluncuran Buku Cerita Rakyat Bumi Sembada (Foto Humas Sleman)

Sleman (Antaranews Jogja) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan buku cerita rakyat "Bumi Sembada" karya Dr Purwadi M.Hum yang bercerita tentang kabupaten ini.

 "Buku Cerita Rakyat 'Bumi Sembada' ini resmi diluncurkan pada Rabu 10 Oktober 2018 malam di Pendopo Kantor Pemerintah Desa Condongcatur, Depok, Sleman," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Wasita di Slemsn, Kamis.
     
Menurut dia, buku yang dicetak sebanyak 350 buah dan berisikan enam cerita rakyat tersebut nantinya akan dibagikan pada komunitas-komunitas desa budaya, kecamatan, dan perpustakaan yang ada di Kabupaten Sleman.
     
"Saat ini masih terbatas jumlahnya, namun jika diminati akan kami usahakan cetak ulang," katanya.
     
Ia mengatakan, buku ini ke depan akan dibuat dalam format digital untuk memudahkan masyarakat mengaksesnya.
   
 "Entah nanti berupa e-book atau PDF akan kami coba, tujuannya agar memudahkan masyarakat membaca buku ini sebagai media pembelajaran dan menambah wawasan budaya," katanya.
     
Sedangkan Dr Purwadi M.Hum yang merupakan penulis buku tersebut menjelaskan bahwa penyusunan buku cerita rakyat /Bumi Sembada" bersumber dari Kitab Jawa kuna, Babad Tanah Jawi, Babad Demak, Babad Pajang, Babad Mataram, Serat Centhini, Babad Kraton, Serat Pustakaraja Purwa dan Serat Paramayoga.
     
"Penyusunan juga dilakukan dengan pengkajian folklor yang telah diwariskan secara turun temurun," kata dosen Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini.
     
Purwadi menuturkan, cerita rakyat mengandung butir-butir kearifan lokal yang berguna untuk pembinaan budi pekerti luhur di kalangan generasi muda.
     
"Dengan pengkajian yang mendalam, cerita rakyat itu dapat memperkokoh jati diri nasional dan hasilnya akan memberi kontribusi bagi pengembangan kebudayaan daerah," katanya.
     
Ia mengatakan, bahwa program untuk melakukan dokumentasi dan apresiasi atas cerita rakyat memang patut untuk dikerjakan secara terencana dan terpadu. Pemerintah dan masyarakat seyogyanya selalu melakukan program pelestarian kebudayaan dengan tepat.
     
"Terlebih Kabupaten Sleman memiliki beragam cerita rakyat yang perlu digali, dikaji dan dipelajari oleh segenap masyarakat," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar