Pemkab Sleman resmikan Bokesan sebagai Kampung Nila

id Ikan nila

Pemkab Sleman resmikan Bokesan sebagai Kampung Nila

Ikustrasi, Budidaya Ikan air tawar (antaranews)


     Sleman (Antaranews Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui meresmikan Dusun Bokesan, Desa Sindumartani Kecamatan Ngemplak sebagai Kampung Nila, Kamis.
      Peresmian Dusun Bokesan sebagai Kampung Nila yang dilakukan di halaman Kantor Kelompok Petani Ikan Ngremboko ditandai dengan penyerahan miniatur kampung nila oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Heru Saptono kepada Camat Ngemplak, Siti Wahyu Purwaningsih.
     Menurut Heru Saptono diresmikannya Dusun Bokesan ini dikarenakan sebagian besar penduduknya sudah melakukan budidaya ikan nila sejak lama namun belum terintegrasi. Oleh karena itu untuk dapat mengintegrasikan semua penduduk yang membudidayakan ikan maka dibentuklah Kampung Nila.
     "Tujuannya agar dalam proses budi daya ikan ini lebih terintegrasi, disamping itu juga Dusun Bokesan ini kedepannya akan dijadikan sebagai Kampung Nila yang terintegrasi tidak hanya dengan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan saja tetapi juga dengan sektor pariwisata," katanya.
     Ia mengatakan, nantinya Kampung Nila Bokesan ini tidak hanya menjadi tempat budi daya dan jual beli ikan saja tetapi juga akan menarik wisatawan untuk melihat pemandangan yang disuguhkan sembari menyantap hidangan ikan.
     "Selain itu juga ada wisata edukasi. Kami mendapat bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa Balai Kusuka yang digunakan untuk proses edukasi pelatihan bagi sumber daya manusia (petani) yang ada di situ. Harapannya petani bisa meningkat ketrampilan dan pengetahuannya," katanya.
      Ketua Kelompok Tani Ikan Mina Ngremboko Saptono mengatakan setiap bulannya di Dusun Bokesan ini setiap bulannya mampu menghasilkan 8,5 juta ekor ikan dengan akumulasi pendapatan penjualan seluruh macam ikan pertahunnya mencapai Rp16 miliar hingga Rp17 miliar.
     "Kami mengapresiasi atas langkah Pemerintah Kabupaten yang meresmikan Dusun Bokesan sebagai Kampung Nila yang mampu memotivasi para petani terlebih yang tergabung ke dalam kelompok untuk semakin mengembangkan skill dan pengetahuannya terhadap budi daya ikan," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024