Peserta Kejuaraan Kungfu Internasional Bali disemangati Grandmaster Samuel Kwok

id samuel kwok

Peserta Kejuaraan Kungfu Internasional Bali disemangati Grandmaster Samuel Kwok

Grandmaster seni beladiri Wing Chun Samuel Kwok memperagakan gerakan dasar Wing Chun dengan Mok Yan Jong, boneka kayu ketika menghadiri pembukaan Kejuaraan Kungfu Internasional Bali Terbuka pertama di Nusa Dua, Bali, Senin (17/12) (Antaranews/Aditya E.S.Wicaksono) (.)

Nusa Dua, Bali,  (Antaranews Jogja) - Grandmaster Wing Chun, Samuel Kwok, Senin, datang dari Las Vegas untuk menyemangati ratusan peserta Kejuaraan Kungfu Internasional Bali Terbuka pertama yang digelar di Nusa Dua, Bali dari 17-22 Desember.

"Saya baru tiba, dua hari lalu.  Saya tinggal di Las Vegas....Kejuaraan ini sangat bagus untuk mempromosikan seni beladiri dan menginspirasi para atlet untuk berlatih lebih keras," kata Kwok ketika ditemui di acara pembukaan Kejuaraan Kungfu Internasional Bali Terbuka pertama, di Nusa Dua, Bali, Senin.

Kwok adalah salah satu legenda hidup praktisi Wing Chun, salah satu seni beladiri tradisional asal China yang mengkombinasikan penyerangan dan pergulatan dan spesialisasi di pertarungan jarak dekat.

Guru besar asal Hong Kong kelahiran 1948 itu pun mengaku sangat terkesan dengan perkembangan cabang olahraga wushu tradisional di Indonesia terutama talenta-talenta muda atlet wushu Indonesia.

"Indonesia memiliki banyak talenta," kata Kwok.

Kwok sempat menunjukkan kebolehannya di depan arena dengan memperagakan jurus dasar Wing Chun dan berlatih dengan mok jung, boneka kayu untuk latihan bela diri.

Kwok pun berpesan kepada para peserta dan talenta muda wushu Indonesia.

"Kalian harus berlatih dengan keras dan memiliki dedikasi untuk mempromosikan seni bela diri untuk menolong orang lain dan bukan untuk merundung orang lain, untuk menjadi orang yang lebih baik secara mental dan fisik. Kembangkan diri kalian menjadi orang yang lebih baik," kata Kwok.

Kejuaraan bertajuk 1st Bali Open International Kungfu Championship (BOIKC) itu diikuti sebanyak 735 peserta dari 88 sasana dari dalam negeri dan juga sejumlah negara asing seperti Macau, Norwegia dan Ukraina, ungkap Wakil ketua Pengurus Besar Wushu Indonesia Bambang Surpriyanto.

Akan ada 429 nomor yang dipertandingkan di kejuaraan yang diharapkan nantinya menjadi agenda dua tahunan PBWI itu.

Kejuaraan tersebut resmi dibuka oleh Ketua umum PBWI Airlangga Hartanto.

"Kegiatan diharapkan menambah semangat untuk meningkatkan prestasi wushu indonesia," pesan Airlangga.

Publik bisa menyaksikan ajang the 1st BOIKC 2018 yang digelar dari 17-22 Desember di Mangapura Hall, the Westin Resort, Nusa Dua Bali.

Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024