Prabowo temui Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta

id Prabowo kepatihan

Prabowo temui Sultan HB X di Kepatihan Yogyakarta

Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto menemui Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Senin. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto menemui Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Senin.

Pantauan Antara, Prabowo Subianto bersama rombongan tiba di halaman utama Kompleks Kepatihan atau Kantor Gubernur DIY pada pukul 12:00 WIB dengan menggunakan mobil Alphard putih bernomor polisi AB 1130 WI.

Prabowo yang mengenakan peci dan pakaian safari berwarna krem tampak menaiki kawasan Bangsal Kepatihan dan memasuki Gedong Wilis. Sejumlah tokoh yang mendampingi antara lain politikus Partai Gerindra Adhyaksa Dault, tokoh PPP Yogyakarta Syukri Fadholi, Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso.

Setelah seluruh rombongan masuk, petugas keamanan bergegas menutup gerbang utama Kantor Kepatihan. Sedangkan awak media hanya diperkenankan memantau dari luar halaman utama.

Setelah pertemuan usai pukul 12:46 WIB, Prabowo menghampiri awak media yang berada di gerbang utama Kepatihan.

Prabowo menjelaskan kunjungan tersebut merupakan kunjungan kehormatan sekaligus meminta izin kepada Sultan atas kedatangannya di Yogyakarta.

"Ini kunjungan kehormatan kita sowan, kita minta izin karena saya datang ke daerah beliau ya pantasnyalah kita sowan kepada pemimpin daerah," kata dia.

Sultan HB X, kata Prabowo, juga sempat menitipkan pesan tentang kebangsaan kepadanya sebagai calon presiden.

"Pembicaraannya bagus tidak bicara hal-hal mendasar  ada beberapa titipan beliau. Saya sebagai calon presiden saya kira kita terima. Beliau sangat konsern tentang NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, kemandirian bangsa dan lain sebagainya," kata Prabowo.

Dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Prabowo dijadwalkan menghadiri kampanye akbar di Stadion Kridosono Yogyakarta pada Senin siang.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon, nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno.