Badan Otorita Borobudur kembangkan Borobudur Highland

id badan otorita borobudur

Badan Otorita Borobudur kembangkan Borobudur Highland

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Indah Juanita saat bincang-bincang dengan awak media di Borobudur Highland (Foto BOB)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Otorita Borobudur (BOB) mengembangkan kawasan pariwisata eksklusif bernuansa alam bernama Borobudur Highland, yang merupakan zona otorita seluas 309 hektare di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

"Kawasan itu dikembangkan dengan konsep 'culture and adventure eco-tourism', tentunya dengan mengembangkan aspek kelestarian dan keramahan pada alam," kata Direktur Utama BOB Indah Juanita saat bincang-bincang dengan awak media di Borobudur Highland, Rabu (14/8) malam.

Menurut dia, "culture and adventure eco-tourism" diartikan sebagai hubungan antara budaya dengan kondisi lingkungan yang baru serta interaksi secara fisik untuk menemukan keseimbangan antara jiwa dan raga.

"Oleh karena itu, di Borobudur Highland dikembangkan tiga komponen yakni nature, physical activity, dan cultural exchange," kata Indah.

Ia mengatakan zona otorita BOB itu dikembangkan dengan berbagai fasilitas wisata bertaraf internasional, di antaranya hotel dengan konsep glamorous camping (glamping) bernama DeLoano Glamping, eco resort, eco lodge, restauran, kafe, vila, dan MICE.

"Semua itu didukung kawasan di sekitarnya yang sudah mulai berkembang, sehingga dapat meningkatkan nilai investasi di zona otorita BOB," kata Indah.

Ia mengatakan Borobudur Highland terletak di lokasi yang strategis, karena hanya berjarak 12 kilometer dari Candi Borobudur dan 35 kilometer dari Yogyakarta International Airport (YIA). Hal itu membuat kawasan itu menjadi potensial untuk dikembangkan.

"Di sekitar kawasan itu terdapat beberapa desa yang sudah siap dan potensial untuk dikembangkan menjadi desa wisata yang dapat mendukung atraksi wisata bagi zona otorita BOB tersebut," katanya.

Ia mengemukakan Borobudur Highland berlokasi di pedalaman Bukit Menoreh di wilayah Kabupaten Purworejo, berbatasan dengan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY).

"Lokasi tersebut berjarak sekitar 35 kilometer dari YIA dan untuk akses yang menentukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," kata Indah.

Ia mengatakan zona otorita BOB itu dalam kurun Agustus-Desember 2019 menghadirkan atraksi dan nomadic amenity, peluncuran amphitheater, konser Sheila on Seven, konser Addie MS, pentas seni, pelatihan seni, kuliner, story telling, hospitality, dan pameran desa wisata, serta napak tilas pasukan TNI.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar