Jokowi jalan kaki melintasi jembatan Bendungan Kamijoro Yogyakarta (VIDEO)

id Jokowi kamijoro

Jokowi jalan kaki melintasi jembatan Bendungan Kamijoro Yogyakarta (VIDEO)

Presiden Jokowi lintasi jembatan Bendungan Kamijoro perbatasan Kulon Progo dengan Bantul DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berjalan kaki melintasi jembatan Bendung Kamijoro di atas aliran Sungai Progo di perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, setelah meresmikan Taman Bendung tersebut, Selasa.

Jokowi yang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Basuki Hadimuljono, serta Gubernur DIY Sri Sultan Hemengku Buwono X  melintasi jembatan karena antusiasme masyarakat Bantul yang berjubel menyaksikan kepala negara meresmikan bendungan dari timur jembatan.

Awalnya sesuai informasi dari protokoler, Presiden Jokowi hanya berjalan kaki sampai ke tengah jembatan setelah meresmikan Taman Bendung Kamijoro di sisi barat, namun karena ribuan warga yang menunggu di sisi timur jembatan memanggil-manggil Presiden, Jokowi yang sempat berhenti di tengah jembatan memilih melanjutkan berjalan kaki sampai ujung timur.



Bahkan, ketika sampai di sisi timur jembatan yang masuk wilayah Dusun Plambongan, Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Presiden Jokowi melambaikan tangan ke kerumunan dan menyalami warga Bantul yang berada di depan kerumunan.

Dengan pengawalan ketat dari aparat di sisi timur jembatan, Jokowi juga membagikan kaos berwarna hitam dengan cara diberikan langsung maupun dilempar ke kerumunan warga. Langkah Jokowi terhenti di depan warung timur jembatan karena banyaknya warga yang berkerumun di sekitarnya.

Kemudian Kepala Negara bersama rombongan kembali berjalan kaki melintasi jembatan Bendungan Kamijoro dengan panjang 161 meter lebar sekitar tiga meter yang membelah Sungai Progo dan menghubungkan Dusun Kaliwuru, Desa Tuksono, Kulon Progo, dengan Dusun Plambongan, Triwidadi, Bantul.

Jembatan Bendungan Kamijoro merupakan akses utama bagi warga dari dua daerah tersebut dan khusus untuk pengendara sepeda motor. Bendung Kamijoro yang dibangun pada 2016 itu mampu mengairi lahan pertanian seluas 2.370 hektare di wilayah selatan Bantul.

Dengan diresmikannya Taman Bendung Kamijoro di Kulon Progo termasuk jembatan penghubung dua kabupaten oleh Presiden Jokowi, akan semakin mengenalkan kawasan tersebut sebagai salah satu destinasi wisata di DIY.