GKR Hemas ajak warga jalankan pola hidup sehat

id Corona,GKR Hemas,Pola hidup sehat

GKR Hemas ajak warga jalankan pola hidup sehat

Anggota DPR-RI, GKR Hemas. (Foto : ANTARA/Sutarmi).

Kulon Progo (ANTARA) - Anggota DPR-RI, GKR Hemas mengajak masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selalu menjalankan pola hidup bersih untuk mengantiasipasi penularan virus corona yang saat ini sudah menyebabkan korban jiwa di beberapa negara.

"Kami ajak masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih," kata GKR Hemas di Kabupaten Kulon Progo, DIY, Selasa.

Menurut dia, corona merupakan penyakit yang disebabkan virus, sehingga dengan mudah menyebar ke manusia. Oleh karenanya, perlu deteksi sejak dini kepada penderita. Hal ini telah dilakukan Kementerian Kesehatan dengan melakukan screening kepada para penumpang pesawat dan kapal laut dari luar negeri.

Untuk mengantisipasi penularan, perlu upaya pencegahan dari setiap warga, salah satunya menggunakan alat pelindung diri.

"Setelah bepergian atau sebelum makan, kami mengajak masyarakat selalu cuci tangan dengan sabun," ajak Hemas.

Ia menjelaskan masyarakat masih memiliki kebiasan buruk yang harus diubah, cuci tangan dengan sabun masih menjadi masalah sepele. Namun belum semua masyarakat melakukan hal ini. Pola hidup bersih cara ampuh untuk mencegah menularnya bibit penyakit.

"Setelah bepergian jauh, harus ganti baju. Jangan mengelap tangan usai cuci tangan di baju,” katanya.

Virus corona merebak di Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, Tiongkok. Saat ini, virus tersebut telah menyebar ke berbagai negara, khususnya di Asia Tenggara.