Athletic Bilbao menunjuk Marcelino sebagai pelatih

id athletic bilbao, marcelino, gaizka garitano,liga spanyol

Athletic Bilbao menunjuk Marcelino sebagai pelatih

Marcelino Garcia Toral saat masih menjadi pelatih Valencia dan mendampingi timnya menghadapi Barcelona dalam partai final Copa del Rey 2018/19 di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, Spanyol, pada 25 Mei 2019. (ANTARA/AFP/Pau Barrena)

Jakarta (ANTARA) - Athletic Bilbao telah mencapai kesepakatan untuk menunjuk pelatih berpengalaman Marcelino Garcia Toral untuk menggantikan Gaizka Garitano, kata klub Spanyol tersebut, Minggu.

Pernyataan dari Athletic menyebutkan Marcelino, yang pekerjaan terakhirnya adalah bersama Valencia, telah menyetujui kontrak hingga Juni 2022 dan akan secara resmi diperkenalkan pekan depan.

Garitano, yang dipecat hanya beberapa jam setelah mengalahkan Elche 1-0 pada Minggu waktu setempat, menjadi pelatih Athletic pada Desember 2018 setelah dipromosikan dari manajer tim cadangan.

Ia membawa tim tersebut ke final Copa del Rey tahun lalu yang ditunda karena pandemi virus corona dan meninggalkan mereka di posisi kesembilan pada klasemen dengan 21 poin setelah menang enam, seri tiga dan kalah delapan dari 17 pertandingan mereka musim ini.

Pertandingan pertama Marcelino kemungkinan adalah laga La Liga Rabu melawan Barcelona, sementara ia juga akan memimpin tim ke Piala Super Spanyol bulan ini, bertemu pemegang gelar Real Madrid pada semifinal.

Ia juga akan akan bertugas dalam final Copa del Rey yang dijadwal ulang melawan Real Sociedad pada 4 April.

Marcelino yang mantan gelandang itu telah melatih sejak 1997 dan bertugas pada 320 pertandingan La Liga, dan paling sukses ketika menangani Villarreal dan Valencia.

Ia membawa Villarreal dipromosikan kembali ke La Liga pada musim pertamanya dan kemudian membawa mereka ke semifinal Liga Europa pada 2016.

Ia memimpin Valencia untuk lolos ke Liga Champions dalam dua musim berturut-turut dan memenangi Copa del Rey 2019 namun dipecat pada September berikutnya setelah berselisih dengan pemilik klub Peter Lim.

Valencia terpuruk dari buruk menjadi lebih buruk lagi sejak Marcelino dipecat. Mereka berada pada zona degradasi La Liga, demikian Reuters.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024