Dishub Yogyakarta lakukan kanalisasi sebelum Jembatan GL Zoo dipergunakan

id jembatan GL Zoo,operasional,yogyakarta

Dishub Yogyakarta lakukan kanalisasi sebelum Jembatan GL Zoo dipergunakan

Dokumentasi - Pekerjaan normalisasi pembatas jalan di sisi barat Jembatan GL Zoo Yogyakarta , 9 Oktober 2020 (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan melakukan kanalisasi di sekitar Jembatan GL Zoo sebelum mengoperasionalkan jembatan baru tersebut untuk dilintasi kendaraan guna mendukung keselamatan lalu lintas.



“Kanalisasi akan dilakukan di sisi timur jembatan dengan memanfaatkan water barrier. Tujuannya mengarahkan kendaraan dari timur untuk melintas di jembatan baru,” kata Kepala Bidang Perhubungan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto di Yogyakarta, Kamis.



Jembatan GL Zoo tersebut berada tepat di sisi selatan jembatan lama. Saat ini jembatan yang difungsikan adalah jembatan lama, meskipun jembatan baru tersebut sudah selesai dibangun sejak akhir 2019.



Jembatan baru rencananya digunakan untuk kendaraan dari arah timur yang akan masuk ke Kota Yogyakarta, sedangkan jembatan lama akan digunakan untuk kendaraan dari arah barat.



“Sebenarnya sudah tidak ada permasalahan besar terkait operasional jembatan. Tinggal memastikan kesiapan dari berbagai pihak terkait termasuk kepolisian. Saat semua siap, maka jembatan bisa difungsikan untuk dilintasi kendaraan,” katanya.



Pada 2020, lanjut Windarto, juga sudah dilakukan normalisasi pembatas jalan di sisi barat jembatan untuk memudahkan manuver kendaraan. “Jalan di sisi barat jembatan juga sudah diperlebar sehingga tidak ada masalah untuk dilintasi kendaraan termasuk kendaraan berdimensi besar,” katanya.



Hanya saja, kata Windarto, masih muncul genangan air di bekas normalisasi devider dan butuh pengaspalan ulang namun belum dapat direalisasikan.



Sementara itu Ketua Komisi C DPRD Kota Yogyakarta Ririk Banowati berharap jembatan baru GL Zoo yang melintas Sungai Gajah Wong tersebut dapat segera dipergunakan.



“Pembangunan jembatan sudah selesai sejak lama dan seharusnya sudah bisa difungsikan. Tetapi kenapa sampai saat in belum digunakan,” katanya.



Ia khawatir apabila jembatan baru tersebut tidak segera difungsikan maka justru akan menimbulkan berbagai dampak seperti permasalahan sosial.



“Kami berharap jembatan sudah dapat difungsikan pada triwulan pertama tahun ini. Sebelumnya, kelengkapan rambu lalu lintas sudah harus terpasang,” katanya.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar