Tujuh anggota diberhentikan dari Partai Demokrat

id Demokrat,Moeldoko,anas urbaningrum,Marzuki Alie,Jhoni Allen Marbun

Tujuh anggota diberhentikan dari Partai Demokrat

Ilustrasi - Bendera Partai Demokrat. ANTARA/HO

Jakarta (ANTARA) - Marzuki Alie bersama enam anggota Partai Demokrat diberi sanksi pemberhentian tetap dengan tidak hormat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat pada Jumat (26/2).

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebutkan enam anggota lainnya, yakni Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib, dan Ahmad Yahya.

"DPP Partai Demokrat memutuskan untuk memberikan sanksi pemberhentian tetap dengan tidak hormat sebagai anggota Partai Demokrat terhadap nama-nama berikut: Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib, dan Ahmad Yahya," kata Herzaky dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

DPP Partai Demokrat juga memberikan sanksi pemberhentian tetap dengan tidak hormat sebagai anggota Partai Demokrat kepada Marzuki Alie karena terbukti melakukan pelanggaran etika Partai Demokrat, sebagaimana rekomendasi Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat.

Darmizal sebelumnya merupakan Wakil Ketua Komisi Pengawas DPP Partai Demokrat periode 2015—2020. Politikus asal Sumatera Barat itu kemudian mengundurkan diri pada tahun 2018 ketika tercatat sebagai Ketua Umum Relawan Jokowi (ReJo).

Sementara itu, Ahmad Yahya adalah Ketua Komisi Pengawas DPP Partai Demokrat periode 2015—2020.

Yus Sudarso pernah menjadi anggota DPR RI pengganti antarwaktu (PAW) periode 2014—2019 yang dilantik pada tanggal 18 Mei 2018. Politikus Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur itu maju dari Daerah Pemilihan Jawa Timur XI.

Tri Yulianto juga pernah menjadi anggota DPR RI periode 2009—2014, kemudian tergabung di Komisi VII yang membidangi energi, sumber daya mineral, riset, teknologi, dan lingkungan hidup.

Tri pernah tercatat dalam kepengurusan DPP Partai Demokrat periode 2010—2015 sebagai Sekretaris Divisi Program Pro Rakyat.

Jhoni Allen Marbun adalah anggota DPR RI aktif untuk periode 2019—2024 dari Fraksi Partai Demokrat yang maju dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara II.

Jhoni pernah menjadi Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat periode 2010—2015 pada masa Ketua Umum DPP PD dijabat oleh Anas Urbaningrum.

Syofwatillah Mohzaib lahir di Serang pada tanggal 14 April 1976. Dia pernah menjadi anggota DPR RI 2009—2014 dan juga Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat 2010—2015 pada masa kepemimpinan Anas Urbaningrum.

Terakhir, Marzuki Alie adalah Ketua DPR RI periode 2009—2014 dan juga pernah menjadi Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat.