Sporting tekuk Besiktas

id liga champions,sporting cp,besiktas,sebastian coates,pablo sarabia,paulinho,cyle larin

Sporting tekuk Besiktas

Bek Sporting CP Sebastian Coates (ketiga kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Besiktas dalam laga lanjutan Grup C Liga Champions di Stadion Vodafone Park, Istanbul, Turki, Selasa (19/10/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Murad Sezer)

Jakarta (ANTARA) - Sporting CP membuka asa untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions selepas membekuk Besiktas 4-1 dalam laga lanjutan Grup C di Stadion Vodafone Park, Istanbul, Turki, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Bek tengah Sebastian Coates mencetak dua gol kemenangan Sporting yang disusul Pablo Sarabia dan Paulinho, sementara tuan rumah hanya bisa membalas sekali lewat Cyle Larin.

Sporting naik ke posisi ketiga klasemen dengan raihan tiga poin di bawah Ajax (6) dan Borussia Dortmund (6) yang baru berhadapan dalam laga lebih larut.

Sementara Besiktas yang masih nirpoin kini tergeletak sebagai juru kunci Grup C, demikian catatan laman resmi UEFA



Sama-sama memasuki pertandingan dengan rekam jejak dua kekalahan beruntun, Sporting mampu membuka keunggulan lebih dulu melalui Coates pada menit ke-15 kendati mereka lebih banyak tertekan oleh Besiktas di awal laga.

Berawal dari sundulan Sarabia yang bisa dimentahkan kiper Ersin Destanoglu, situasi sepak pojok mampu dimanfaatkan oleh Goncalo Inacio untuk mengirim umpan sundulan yang langsung disambar tandukan Coates untuk menjebol gawang tuan rumah.

Keunggulan itu tak bertahan lama, sebab pada menit ke-24 Miralem Pjanic mengirimkan umpan sepak pojok berbahaya yang langsung disambut sundulan tajam Larin demi menaklukkan kiper Antonio Adan.

Namun, tiga menit berselang Sporting sukses merestorasi keunggulan mereka melalui gol kedua Coates yang prosesnya nyaris sama dengan gol pertama yang dicetaknya. Sepak pojok Sarabia disontek sundulan Paulinho dan Coates tinggal menyambarnya tepat di muka gawang.



Besiktas nyaris kembali membuat kedudukan imbang pada menit ke-40 jika saja tembakan Michy Batshuayi yang sudah memperdaya Adan tak ditolak oleh tiang gawang.

Kesialan tuan rumah berlanjut, sebab tiga menit kemudian Sporting justru mendapatkan hadiah tendangan penalti setelah Domagoj Vida divonis melakukan pelanggaran handball atas bola sundulan Coates di dalam area terlarang.

Sarabia yang menjadi algojo sukses memperlebar keunggulan Sporting setelah pemain pinjaman dari Paris Saint-Germain itu mampu mengecoh Destanoglu melompat ke arah berlawanan.



Pada menit kedua injury time babak pertama Alex Teixeira menjebol gawang Sporting dengan tembakan akrobatik, sayang selebrasi para pemain Besiktas harus reda lantaran VAR menganulir gol itu karena offside.

Unggul 3-1 Sporting tampil percaya diri di babak kedua mengandalkan serangan-serangan balik yang nyaris berbuah gol lagi pada menit ke-68 bila saja sontekan Paulinho tak membentur tiang gawang.

Sebaliknya dua menit kemudian Batshuayi membuang sia-sia peluang emas setlah melewati Adan, tetapi penyelesaian akhirnya melenceng dari sasaran pada dua rekannya berada dalam posisi bebas di muka gawang.

Kegagalan itu harus dibayar mahal sebab semenit jelang bubaran waktu normal Paulinho dengan cermat melakukan satu sentuhan atas bola liar di luar kotak penalti sebelum melepaskan tembakan akurat ke pojok kanan atas gawang demi melengkapi kemenangan Sporting jadi 4-1 atas Besiktas.

Kemenangan itu jelas jadi modal berharga bagi Sporting yang selanjutnya akan berganti menjamu Besiktas di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, pada 3 November mendatang.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024