Ketua DPRD Kulon Progo meminta Pemkab perbaiki Jalan Kasatrian Giripeni

id Giripeni,Ketua DPRD Kulon Progo,DPRD Kulon Progo,Kulon Progo

Ketua DPRD Kulon Progo meminta Pemkab perbaiki Jalan Kasatrian Giripeni

Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati didampingi Kepala DPUPKP Kulon Progo Gusdi Hartono meninjau lokasi Jalan Kasatrian yang rusak parah pada Jumat (17/12) petang. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Akhid Nuryati mendesak pemerintah setempat melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Umum segera memperbaiki Jalan Kasatrian sepanjang satu kilometer di Desa Giripeni yang merupakan akses utama masyarakat.

Akhid Nuryati di Kulon Progo, Jumat, mengatakan Jalan Kasatrian di Desa Giripeni merupakan akses vital dengan volume kendaraan yang lewat sangat tinggi, tapi kondisi jalannya rusak parah dan membutuhkan perbaikan segera.

"Perbaikan Jalan Kasatrian Giripeni ini benar-benar membutuhkan kontruksi kuat, seperti dibeton karena kondisi tanahnya dalam kondisi labil dan potensi kembali rusak setelah dibangun sangat tinggi," kata Akhid disela-sela meninjau infrastruktur di Desa Giripeni.

Ia mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022 sudah disahkan, kemungkinan dibangunnya kembali Jalan Kasatrian pada APBD Perubahan 2022 paling cepat atau APBD 2023. Untuk sementara ini, jalan yang bergelombang hanya bisa dicor dan dibuatkan bangket untuk membuang air.

"Kami sudah komunikasi dengan Kepala DPUPKP Kulon Progo untuk segera ditangani masalah jalan ini. Hal ini dikarenakan jalan strategis masyarakat yang akan ke Kota Wates. Kondisi jalan ini termasuk mendesak, kami berharap anggaranya bisa mendahului," katanya.

Politisi PDI Perjuangan juga mengapresiasi hasil pekerjaan pihak rekanan yang telah membangun rehabilitasi drainase Bulak Giripeni dan pemeliharaan berkala Jalan Garualan - Simpang Jurangjero meski dikerjakan dengan APBD Perubahan 2022, kualitas bangunan tidak mengecewakan dan tepat waktu.

"Dilihat dari kacamata orang awan, dan dari hasil peninjauan langsung di lapangan bangunan bagus dan fisiknya juga bagus, serta selesai tetap waktu. Pengerjaanya juga tidak serampangan dengan tetap mempertahankan kualitas," katanya.

Sementara itu, Kepala DPUPKP Kulon Progo Gusdi Hartono mengatakan pihaknya dalam waktu dekat ini akan segera melakukan perawatan Jalan Kasatrian dengan menutup jalan yang bergelombang dan membuat drainase.

"Semoga minggu-minggu ini bisa langsung dilakukan perawatan," katanya.

Kepala Desa Giripeni Iswanto Adi mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kulon Progo dan Ketua DPRD Kulon Progo Akhid Nuryati yang aspirasinya dialokasikan di Desa Giripeni dari pembangunan drainase hingga jalan kabupaten.

Namun demikian, ia berharap Pemkab Kulon Progo membangunkan Jalan Kasatrian karena merupakan jalan alternatif ke Kota Wates bagi warga di sisi timur.

"Dulu belum ramai, sekarang jalanya sudah sangat ramai dilalui masyarakat ke Kota Wates. Jalan ini sekaligus jalan utama di Giripeni bagi masyarakat sebelah timur," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024