Peran keluarga strategis ciptakan generasi berkualitas

id Keluarga,harganas

Peran keluarga strategis ciptakan generasi berkualitas

Pakar kesehatan, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Jakarta (ANTARA) - Pakar kesehatan, Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), M.Si mengatakan keluarga merupakan lembaga pertama dan utama yang berperan strategis untuk menciptakan generasi unggul dan berkualitas.

"Keluarga adalah lembaga pertama dan utama untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas baik," katanya ketika dihubungi di Jakarta, Rabu.

Guru besar ilmu kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu menjelaskan persiapan untuk melahirkan generasi emas dapat dimulai dari sejak pernikahan.

"Peran penting keluarga harus dimulai sejak pernikahan, ketika calon ayah ibu berniat menjadi orang tua, maka harus siap mencukupi kebutuhan tumbuh kembang anak sejak di dalam kandungan sampai sang anak dapat hidup mandiri, sesuai dengan tingkat sosial ekonomi mereka," katanya.
 

Dokter Spesialis Anak tersebut menambahkan, keluarga sangat penting untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang sehat, kuat, cerdas, ceria, kreatif, inovatif, mandiri serta berperilaku baik.

"Peran utama keluarga adalah untuk mencukupi empat kebutuhan dasar tumbuh kembang anak, yang pertama adalah kebutuhan akan nutrisi, lalu yang kedua adalah stimulasi, ketiga adalah proteksi, dan keempat adalah evaluasi," katanya.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024