UGM menerima 4.200 mahasiswa baru jalur CBT-UM

id UGM,CBT-UM UGM,mahasiswa baru UGM

UGM menerima 4.200 mahasiswa baru jalur CBT-UM

Universitas Gadjah Mada (ANTARA/HO/UGM)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Gadjah Mada menerima 4.200 mahasiswa baru melalui jalur seleksi ujian mandiri dengan sistem computer based test (CBT-UM) UGM Tahun 2022.

Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Prof Djagal Wiseso melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Kamis, mengatakan 4.200 calon mahasiswa yang diterima terdiri atas 3.433 calon mahasiswa program sarjana dan 767 calon mahasiswa program sarjana terapan.

"Dari jumlah yang diterima tersebut, peserta yang diterima di program studi kelompok Saintek sebanyak 2.863 orang, di program studi kelompok Soshum dan 39 orang untuk kelompok campuran," kata dia.

Djagal menuturkan 5 prodi sarjana bidang Saintek dengan tingkat selektivitas tertinggi, yaitu S1 Kedokteran, S1 Teknologi Informasi, S1 Kedokteran Gigi, S1 Ilmu Komputer dan S1 Statistika.

Pada Program Sarjana kelompok Soshum, kata dia, selektivitas tertinggi ada pada S1 Ilmu Komunikasi, S1 Manajemen dan Kebijakan Publik, S1 Manajemen, S1 Ilmu Hubungan Internasional dan S1 Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan.

Sementara itu, untuk lima prodi Sarjana Terapan bidang Saintek, ujar dia, selektivitas tertingginya meliputi, Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Sarjana Terapan Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil, Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol serta Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pelaksanaan Bangunan Sipil.

Untuk prodi Sarjana Terapan bidang Soshum dengan selektivitas tertinggi, yaitu Sarjana Terapan Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi, Sarjana Terapan Manajemen dan Penilaian Properti, Sarjana Terapan Akuntasi Sektor Publik, Sarjana Terapan Pembangunan Ekonomi Kewilayahan, Sarjana Terapan Bisnis Perjalanan Wisata.

"Kepada seluruh calon mahasiswa kita ucapkan selamat sudah diterima di UGM melalui jalur CBT-UM. Silakan melakukan tahapan registrasi dengan baik," kata Djagal.

Seleksi mandiri dengan sistem computer based test, kata dia, merupakan jalur penerimaan mahasiswa program sarjana dan sarjana terapan yang paling akhir terlaksana.

Sebelumnya, UGM juga telah menerima 2.690 calon mahasiswa lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan 2.716 calon mahasiswa lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).