Sleman fasilitasi pembentukan forum masyarakat ciptakan kamtibmas

id Kesbangpol Kabupaten Sleman ,Forum Pembauran Masyarakat ,Kabupaten Sleman ,Kapanewon Mlati ,Sleman

Sleman fasilitasi pembentukan forum masyarakat ciptakan kamtibmas

Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman melakukan pembinaan generasi muda untuk meningkatkan wawasan kebangsaan di Dusun Tambakbayan, Depok Sleman. ANTARA/HO-Badan Kesbangpol Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memfasilitasi pembentukan forum di masyarakat yang bertujuan menciptakan kerukunan, kebersamaan, persatuan, keamanan, dan ketertiban masyarakat.

"Pemkab Sleman telah memfasilitasi pembentukan forum di masyarakat, seperti Forum Pembauran Kebangsaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat serta forum-forum lainnya," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman Hery Sutopo di Sleman, Kamis.

Menurut dia, Pemkab Sleman terus berupaya untuk memfasilitasi anak bangsa yang cerdas untuk tetap rukun, damai, dan berdampingan sehingga dapat menjalankan aktivitas masing-masing dengan sebaik-baiknya.

"Dengan forum ini segala permasalahan yang menyangkut agama, ras, suku, etnis, budaya, dan lainnya dapat diselesaikan dengan baik serta dapat mengantisipasi segala permasalahan yang kemungkinan timbul di masyarakat," katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Sleman memiliki karakter tersendiri dan merupakan kota pelajar sehingga mempunyai keunikan sebagai Indonesia mini.

"Dari sisi etnis, budaya, agama, dan lainnya, semua itu ada di Sleman," katanya.

Sebelumnya Kapanewon (Kecamatan) Mlati, Kabupaten Sleman melakukan pengukuhan Forum Pembauran Masyarakat.

Camat Mlati Arifin M Laws mengatakan tugas Forum Pembauran Kebangsaan Kecamatan Mlati nantinya akan membantu tugas camat menciptakan kondisi pembauran kebangsaan yang kondusif di tengah kehidupan masyarakat yang majemuk.

"Tujuan tersebut akan tercapai dengan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam suasana yang beraneka ragam suku, budaya, agama, etnis, dan golongan yang sungguh-sungguh, sinergi, dan berkelanjutan," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024