Gerakan aksi muda jaga ekosistem teluk

id Aksi muda jaga iklim,Sumpah pemuda 2022,Pembersihan sampah,Pembagaian anakan pohon,Econusa ,Ambon,Iklim

Gerakan aksi muda jaga ekosistem teluk

Kepala Kantor EcoNusa Maluku, Gadri Attamimi, di Pantai Rumah Tiga Ambon, Sabtu (28/10/2022). ANTARA/Winda Herman

Ambon (ANTARA) - Ratusan anak muda di Kota Ambon melaksanakan Gerakan Aksi Muda Jaga Iklim sebagai ajakan kepada masyarakat untuk menjaga ekosistem Teluk Ambon.

“Kegiatan hari ini, kita ada 250 orang dari komunitas muda yang ada di Kota Ambon, bekerja sama dengan gerakan Pramuka Kwartir Daerah Maluku, sejumlah siswa SMA yang ada di Kota Ambon, maupun madrasah-madrasah. Kita mengajak mereka semua untuk sama-sama menjaga ekosistem Teluk Ambon kita,” kata Kepala Kantor EcoNusa Maluku, Gadri Attamimi, di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan Aksi Muda Jaga Iklim ini dilakukan dengan membersihkan sampah serta membagi anakan pohon, sebagai bentuk membangun kesadaran anak-anak muda, untuk bisa peduli terhadap lingkungan.

“Kita tahu sendiri, kita ada pada posisi keterancaman krisis iklim. Gerakan ini dilakukan di 279 titik di seluruh Indonesia, dan di Ambon sendiri ada dua titik, yakni Pantai Rumah Tiga, dan Pantai Wailela Ambon,” jelas Gadri.

Aksi ini juga dilakukan dengan pembagian 100 anakan pohon kepada warga secara gratis oleh MCC, sebagai bentuk kepedulian terhadap iklim karena pohon kini banyak yang ditebang dan harus ditanam kembali.

Menurutnya, Maluku dan Papua merupakan pusat keanekaragaman hayati terutama laut yang perlu terus dijaga, dengan mengatasi terjadinya krisis iklim sekarang.