Bawaslu Kota Yogyakarta sebut 29 peserta lolos tes tertulis calon panwascam

id Bawaslu Yogyakarta,panwascam,Yogyakarta,Bawaslu Kota Yogyakarta,29 peserta lolos tes tertulis calon panwascam

Bawaslu Kota Yogyakarta sebut 29 peserta lolos tes tertulis calon panwascam

Pelaksanaan tes tulis calon anggota panwas kecamatan oleh Bawaslu Kota Yogyakarta (ANTARA/HO-Bawaslu Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Yogyakarta menyebutkan sebanyak 29 peserta lolos tes tertulis calon anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta Tahun 2024.

"Dari 50 peserta yang mengikuti tes tertulis, berdasarkan peringkatan nilai didapatkan sebanyak 29 peserta yang lolos," kata Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta Andie Kartala dalam keterangannya di Yogyakarta, Sabtu.

Andie mengatakan, sebanyak 29 peserta yang dinyatakan lolos tersebut berhak mengikuti seleksi selanjutnya yaitu tes wawancara pada Minggu (19/5) di Kantor Bawaslu Kota Yogyakarta.

"Bawaslu Kota Yogyakarta telah menjadwalkan tes wawancara tanggal 19 Mei 2024, diharapkan peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik," kata dia.

Selain seleksi panwascam, lanjut Andie, Bawaslu Kota Yogyakarta juga membuka pendaftaran seleksi Panwaslu Kelurahan/Desa untuk Pemilihan Tahun 2024.

Berdasarkan Keputusan Bawaslu Nomor: 215/HK.01.01/K1/05/2024 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa Untuk Pemilihan Tahun 2024, menurut dia, untuk penerimaan, penelitian, dan verifikasi berkas administrasi calon anggota panwaslu kelurahan/desa dilaksanakan pada 18-21 Mei 2024.

Karena panwascam belum terbentuk, menurut dia, untuk pendaftaran dilaksanakan di Kantor Bawaslu Kota Yogyakarta.

Setelah panwaslu kecamatan dan panwaslu kelurahan/desa, Bawaslu Kota Yogyakarta nantinya juga bakal mempersiapkan jajaran pengawasnya TPS menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Yogyakarta tahun 2024.

Andie berharap jajaran pengawas dari tingkat kecamatan, kelurahan, hingga TPS yang terpilih dapat menjalankan tugas melakukan kerja-kerja pengawasan untuk mengawal demokrasi di Kota Yogyakarta dengan penuh integritas dan profesionalisme.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024