Bupati Sleman: Lestarikan dan kenalkan kebudayaan pada generasi muda

id Kirab budaya Umbulharjo ,Bupati Sleman ,Pelestarian Kebudayaan

Bupati Sleman: Lestarikan dan kenalkan kebudayaan pada generasi muda

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menghadiri kegiatan kirab budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-76 Kalurahan Umbulharjo, di Lapangan Kelurahan Umbulharjo, Cangkringan, Sabtu (11/5/2024). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengajak masyarakat di wilayah itu untuk bersama-sama melestarikan kebudayaan dan mengenalkannya kepada generasi muda agar tumbuh rasa memiliki dan mencintai budaya sendiri.

"Mari kita bersama-sama melestarikan kebudayaan yang ada dan kenaikan kepada generasi muda agar mereka mengenal dan mencintai budaya kita sendiri," katanya saat menghadiri kirab budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-76 Kelurahan Umbulharjo di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu.

Dalam kesempatan tersebut, ia didampingi Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayaan) Kabupaten Sleman Edy Winarya dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Samsul Bakri.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada masyarakat yang tengah memperingati hari jadi Kelurahan Umbulharjo, Kapanewon (Kecamatan) Cangkingan.

Ia juga menyambut baik penyelenggaraan kegiatan kebudayaan sebagai rangkaian peringatan hari jadi Kelurahan Umbulharjo yang melibatkan berbagai unsur masyarakat.

"Kami ucapkan terimakasih untuk seluruh pihak baik dari kelurahan, masyarakat, yang telah menyelenggarakan kegiatan kebudayaan sebagai rangkaian dari peringatan ini. Kegiatan seperti ini patut mendapat dukungan karena dapat melestarikan kebudayaan," katanya.

Ia mengaku senang melihat antusias masyarakat yang ikut meramaikan kegiatan kebudayaan yang berlangsung di kawasan Kantor Kelurahan Umbulharjo.

Ia juga berkesempatan melakukan pemotongan tumpeng sebagai salah satu prosesi dalam kegiatan tersebut.

Lurah Umbulharjo Danang Sulistya mengatakan pada peringatan hari jadi ini, terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan kelurahan bersama dengan masyarakat.

"Rangkaian sudah dimulai dari 6 Mei 2024 yaitu lomba inovasi kelurahan, pengajian akbar, merti unggul berkaitan dengan konservasi alam, kemudian ada wayangan dan ketoprak, kirab budaya, dan terakhir jalan sehat bersama masyarakat," katanya.

Ia berharap, peringatan hari jadi Kelurahan Umbulharjo ini menjadi sarana untuk meningkatkan kerukunan dan gotong royong bersama, serta mewujudkan Kelurahan Umbulharjo sebagai desa yang mandiri dari segala hal.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024