UI ikut andil dalam Festival Budaya Komodo 2022

id event budya komodo,fib ui,ui depok,pulau komodo

UI ikut andil dalam Festival Budaya Komodo 2022

Pagelaran Festival Budaya Komodo di Desa Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 3-5 November 2022. (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) berupaya memberdayakan masyarakat dalam penyelenggaraan Festival Budaya Komodo di Desa Pulau Komodo, Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 3-5 November 2022.

Perwakilan tim UI yang juga Dekan FIB UI Dr. Bondan Kanumoyoso dalam keterangannya di Depok, Kamis, menyebutkan pemberdayaan dengan mendapat pembekalan antara lain dalam hal menyambut dan memberikan layanan terbaik kepada wisatawan yang berkunjung ke pulau ini, terutama dalam ajang berkelas internasional Festival Budaya Komodo.

Bondan Kanumoyoso mengatakan penyelenggaraan Festival Budaya Komodo ini bertujuan untuk mempromosikan sekaligus mengembangkan pariwisata di wilayah Manggarai Barat.

Diharapkan Festival Budaya Komodo dapat menjadi festival tahunan sehingga dapat terus mempromosikan Desa Komodo sebagai Destinasi Wisata Budaya.

Karena itu dalam penyelenggaraan kegiatan festival ini, tim Pengmas UI akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan kepariwisataan di kawasan Labuan Bajo, meliputi biro perjalanan, transportasi dan kapal pesiar, serta UMKM yang bergerak di bidang wisata.

Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia yang hadir pada pembukaan Festival Budaya Komodo mengatakan bahwa melalui pengabdian masyarakat seperti yang dilakukan FIB UI ini merupakan wujud sumbangsih sosial dan bentuk implementasi keilmuan dari masyarakat akademik UI.

Pengabdian Masyarakat UI di Desa Komodo ini dilaksanakan oleh beberapa tim dari  FIB UI. Tim itu terdiri atas Dr. Bondan Kanumoyoso, M. Hum, Dr. Taufik Asmiyanto, M.Si, Dr. Hendra Kaprisma, S. Hum, Murni Wudyastuti, M. Hum, dan Dwi Kristianto, S.Hut, M.Kesos.

Tim tersebut secara bersama mendampingi dalam melakukan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan ajang budaya berkelas internasional, Festival Budaya Komodo 2022.

Kepala Desa Komodo, H. Aksan mengataka bersyukur di tengah upaya mengembangkan pariwisata desa, hadir tim Pengmas UI yang mendampingi dalam menyiapkan dan melaksanakan Festival Budaya Komodo.

"Kegiatan ini merupakan upaya kami dalam mengangkat kembali tradisi dan budaya serta perekonomian masyarakat Desa Komodo," katanya.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang Nistyantara, S. Hut., M.Si, menyambut baik program pendampingan dari UI untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

"Kami merasa terbantu dengan hadirnya Tim Pengmas UI di Desa Komodo dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa melalui kegiatan kepariwisataan.

Menurut dia, Desa Komodo harus terus berbenah agar desa ini layak mendapatkan predikat sebagai desa wisata berbasis budaya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: UI berdayakan masyarakat dalam Festival Budaya Komodo 3-5 November