Kesucian Bromo dilindungi dan dijaga

id Ari Dwipayana,Gunung Bromo

Kesucian Bromo dilindungi dan dijaga

Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana. ANTARA/HO-Staf Khusus Presiden

Jakarta (ANTARA) - Koordinator Staf Khusus Presiden RI AAGN Ari Dwipayana menyampaikan bahwa Gunung Bromo tidak hanya harus dijaga kelestariannya, tetapi perlu dijaga kesuciannya.

"Kita harus bisa menjaga alam dan lingkungan sekitar kita. Leluhur kita di tanah Jawa ini sangat menghormati dan memuliakan gunung,” kata Ari Dwipayana dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Bagi Ari -- sapaan AAGN Ari Dwipayana, masyarakat sekarang pun harus memuliakan gunung dengan melihatnya sebagai sumber kemakmuran.

“Tidak saja hanya menghormati gunung karena selain itu ada sungai, danau, dan laut," tutur Ari.

Jika semua pihak sudah menjaga kesucian gunung, tutur Ari, maka ekosistem di sekitar gunung seperti hutan, danau, sungai, dan laut akan ikut terjaga dan dapat memberikan kesejahteraan bagi umat manusia.

Hal itu disampaikan oleh Ari Dwipayana saat memberikan sambutan Dharma Wacana dalam acara “Piodalan Pura Luhur Poten dan Yadnya Kasada Umat Hindu Tengger” di Bromo, Jawa Timur, Minggu (4/6).

Hadir dalam acara tersebut, Paruman Romo Dukun Pandita Tengger, Romo Mangku di kawasan Tengger, Anggota DPD RI Perwakilan Bali Arya Wedakarna, Direktur Urusan Agama Hindu Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama Trimo, Pembimas Hindu Prov Jatim Budiono, Pengurus PHDI Provinsi Jawa Timur, Pengurus PHDI Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Malang, Lumajang, serta pengurus PERADAH Indonesia.

Menurut Ari, karena pentingnya peran gunung sebagai sumber kemakmuran bagi umat Hindu dan umat lainnya di sekitar daerah Bromo, Tengger, Semeru, maka daerah tersebut perlu dijadikan kawasan suci.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ari Dwipayana: Kesucian Bromo tak saja dilindungi, tapi dijaga
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024