Antisipasi kasus narkoba, PT bentuk Satgas Kampus Bebas Narkoba

id satgas kampus bebas narkoba,unsoed purwokerto

Antisipasi kasus narkoba, PT bentuk Satgas Kampus Bebas Narkoba

Ilustrasi - Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. ANTARA/HO-Unsoed

Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto akan segera meresmikan Satuan Tugas (Satgas) Kampus Bebas dari Narkoba untuk mengantisipasi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta obat terlarang lainnya.

"Rencananya peresmian Satgas Kampus Bebas dari Narkoba beserta UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Antinarkoba akan kami resmikan pada tanggal 26 Juni 2023 bertepatan dengan peringatan Hari Anti-Narkotika Internasional," kata Wakil Rektor III Unsoed Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Norman Arie Prayogo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa siang.

Menurut dia, pembentukan satgas maupun UKM itu telah dilakukan Unsoed jauh sebelum Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membentuk satgas khusus menyusul ditemukannya brankas narkoba di Universitas Negeri Makassar (UNM), Sulawesi Selatan.

Dalam hal ini, kata dia, Satgas Kampus Bebas dari Narkoba dan UKM Antinarkoba di lingkungan Unsoed dibentuk setelah perguruan tinggi negeri itu menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), BNN Provinsi Jawa Tengah, maupun BNN Kabupaten Banyumas..

Ia mengatakan beberapa kegiatan yang dilakukan, antara lain pelatihan terkait bahaya narkoba bagi mahasiswa yang diselenggarakan oleh BNN Kabupaten Banyumas.

Bahkan dalam kegiatan kuliah kerja nyata (KKN), lanjut dia, mahasiswa Unsoed juga menyosialisasikan bahaya narkoba kepada masyarakat.

"Kami sudah punya satgas dan sudah lama terbentuk termasuk UKM-nya, namun belum diresmikan," tegasnya.