Jamaah diimbau tak pikirkan urusan dunia saat wukuf di Arafah

id wukuf,padang arafah,jamaah haji indonesia,pphi arab saudi,daker mekkah,daker madinah,ibadah haji 2023,idul adha 2023

Jamaah diimbau tak pikirkan urusan dunia saat wukuf di Arafah

Umat Islam dari berbagai negara melaksanakan wukuf di Jabal Rahmah, Arafah, Arab Saudi, Selasa (27/6/2023). . ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nym.

Mekkah (ANTARA) - Kasi Bimbingan Ibadah Daerah Kerja (Daker) Madinah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Yendra Al Hamidy, mengimbau jamaah agar saat wukuf di Padang Arafah memaksimalkan beribadah dan berdoa, serta tidak memikirkan urusan-urusan dunia.

"Dimaksimalkan berdoa, selain harus berhenti memikirkan dunia, karena meski punya uang, belum tentu tahun depan bisa berangkat lagi," kata Yendra di Mekkah, Selasa.

Petugas juga mengingatkan jamaah agar menghindari hal-hal yang dilarang saat berihram seperti mencabut pohon-pohonan, membunuh binatang, dan mengucapkan hal-hal yang tidak bermanfaat, termasuk rafats (melakukan hal-hal yang berkaitan dengan syahwat), fusuq (berbuat dosa) dan jidal (saling berbantah-bantahan).

Selasa (27/6) di Arafah, setelah jamaah Shalat Subuh, jamaah beristirahat sejenak dan akan diingatkan para petugas saat masuk waktu wukuf.

"Diingatkan bersiap melakukan wukuf di maktab masing-masing saat zawal, kira-kira pukul 11.30. Jamaah juga dibimbing untuk selalu bertalbiyah," kata Yendra.

Jamaah dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran, berdoa, bertaubat, dan bermuhasabah diri.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jamaah diimbau tak pikirkan urusan dunia saat wukuf di Arafah