Tim UGM mengembangkan mobil tahun lalu di Shell Eco-Marathon 2023

id Shell Eco-Marathon Asia 2023,Tim Semar Proto UGM,Sirkuit Mandalika,Lombok

Tim UGM mengembangkan mobil tahun lalu di Shell Eco-Marathon 2023

General Manager tim Semar Proto UGM Adzim Mardiansjah ketika ditemui awak media di sela-sela kesibukannya di paddock Sirkuit Mandalika saat mengikuti Shell Eco-Marathon Asia 2023, Rabu (5/7/2023). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Lombok, NTB (ANTARA) - Tim Semar Proto Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengembangkan mobil yang dipakai tahun lalu pada Shell Eco-Marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diselenggarakan pada 4-9 Juli.

"Pada ajang yang diselenggarakan di Indonesia untuk kedua kalinya ini, tim kami memaksimalkan mobil rakitan tahun lalu dari segi kelistrikan yang sudah disiapkan dari delapan bulan yang lalu," kata General Manager tim Semar Proto UGM Adzim Mardiansjah.

Adzim ketika ditemui di sela-sela kesibukannya di paddock Sirkuit Mandalika, Rabu, mengatakan tahun ini mobilnya sama, hanya maksimalkan dari segi elektrikal.

Selain dari segi kelistrikan, di SEM Asia tahun ini timnya juga mengoptimalkan dari segi kemudi.

“Dari segi kontrol motor. Di mana kita bisa mengoptimalkan efisiensi tenaga yang diperlukan motor untuk nyala dan gimana kita bisa menyesuaikan strategi kemudi dengan trek Mandalika,” katanya.

Pada tahun ini, Semar Proto menggunakan mesin DC 250 Watt dengan baterai lithium ion yang sekali pengecasan dapat menempuh jarak 108 km atau setara 25 lap.

“Untuk baterai, menggunakan lithium ion biasa yang bisa dibongkar pasang dan dicas ulang. Kurang lebih sama sistem dan cara pemakaiannya,” katanya.

Pada ajang SEM Asia tahun lalu, Semar Proto menjuarai kelas Battery Electric dengan rekor jarak tempuh 586,9 km/kWh. 

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024