Pemda harus gencarkan wisata ramah lingkungan

id Gubernur bank indonesia, bi, bank indonesia, isei palangka raya, isei, ikatan sarjana ekonomi indonesia, kalteng, kalima

Pemda harus gencarkan wisata ramah lingkungan

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat menyampaikan kuliah umum di lingkungan UPR, Kota Palangka Raya, Kamis (13/7/2023). ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mendorong Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dapat mewujudkan wisata eco friendly atau ramah lingkungan guna memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

"Harus yang eco friendly, sehingga kita menjaga lingkungan," kata Perry Warjiyo saat memberikan kuliah umum di lingkungan Universitas Palangka Raya (UPR), Kota Palangka Raya, Kamis.

Hal itu sejalan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang tidak lagi fokus mengejar angka kunjungan wisatawan saja, tapi lebih fokus pada usaha mendorong pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism di Indonesia.

Pariwisata berkelanjutan adalah pengembangan konsep berwisata yang memberi dampak jangka panjang, tak hanya dari sisi lingkungan, namun juga sosial, budaya, serta ekonomi.

Perry Warjiyo menyebut pengembangan sektor pariwisata di Kalteng harus dilakukan dengan menyesuaikan potensi dan berbagai kelebihan alam yang dimiliki.

Di antaranya dengan menargetkan wisatawan asing untuk datang berkunjung atau berwisata ke Kalteng, dengan tujuan menikmati alam yang dimiliki termasuk habitat orangutan.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk memacu pertumbuhan ekonomi di daerah juga dapat dilakukan dengan mengoptimalkan pembangunan di bidang pertanian.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gubernur BI dorong Kalimantan Tengah wujudkan wisata ramah lingkungan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024