Belasan ribu peserta ikuti Jaringan Kota Pusaka Indonesia 2023

id kota pusaka,jaringan kota pusaka indonesia,jkpi,rakernas jkpi,rakernas jkpi x,rakernas jkpi 2023,jaringan kota pusaka,se

Belasan ribu peserta ikuti Jaringan Kota Pusaka Indonesia 2023

Ilustrasi - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Wing Wiyarso, saat menghadiri Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) 2022 di Palembang. (ANTARA/Dok Pemkot Semarang)

Semarang (ANTARA) - Setidaknya 19.000 peserta Rapat Kerja Nasional X Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) bakal memadati Kota Semarang yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan pada 22-26 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Wing Wiyarso, di Semarang, Minggu, menyebutkan ada 73 kabupaten/kota yang mengikuti Rakernas X JKPI dengan total peserta 19.000 orang.  

"Peserta keseluruhan terdiri atas kepala daerah, ajudan, pendamping delegasi, peserta pameran, peserta delegasi seni budaya, dan peserta 'fashion show' dari masing-masing kabupaten/kota," katanya.

Ia menjelaskan bahwa JKPI adalah organisasi yang dibentuk untuk mengembangkan kerja sama antara berbagai kabupaten/kota yang memiliki pusaka alam dan budaya agar dapat dilestarikan.

Pada penyelenggaraan rakernas tahun ini, kata dia, JKPI mengambil tema "Pesona Pusaka Sebagai Warisan Budaya Indonesia Sebagai Pengikat Keberagaman Budaya Dalam Bingkai Nusantara".

Dia mengharapkan JKPI ke depan bisa mempererat keberagaman budaya sehingga mampu mengangkat multikultur, multietnis, dan pluralisme sebagai bagian dari budaya dan perwujudan kerukunan masyarakat Indonesia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 19.000 peserta Jaringan Kota Pusaka Indonesia bakal padati Semarang
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024