Gantikan Jokowi, Prabowo pilihan pertama responden

id Survei PWS,Political Weather Stations,elektabilitas Prabowo,elektabilitas Ganjar,elektabilitas Anies,Pilpres 2024,Prabow

Gantikan Jokowi,  Prabowo pilihan pertama responden

Tangkapan layar hasil survei Political Weather Stations (PWS) terkait elektabilitas tiga nama tokoh dalam simulasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang disiarkan di Jakarta, Kamis (24/8/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi.

Jakarta (ANTARA) - Hasil survei Political Weather Stations (PWS) yang dirilis di Jakarta, Kamis, menunjukkan mayoritas responden yaitu 40,8 persen dari 1.200 orang memilih Prabowo Subianto sebagai pemimpin yang menggantikan Presiden RI Joko Widodo, kemudian 35,6 persen memilih Ganjar Pranowo, dan 19,5 persen memilih Anies Baswedan.

PWS memasang tiga nama itu dalam survei-nya karena mereka diyakini kuat maju mencalonkan diri saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, mengingat Prabowo saat ini diusung oleh Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (Partai Gerindra, PKB, Golkar, dan PAN), kemudian Ganjar Pranowo diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura, sementara Anies Baswedan didukung oleh NasDem, PKS, dan Partai Demokrat.

Dalam survei terkait elektabilitas calon presiden, nama Prabowo konsisten memperoleh suara terbanyak dalam mekanisme top of mind para responden, simulasi Pilpres 2024 dengan 10 nama tokoh, simulasi tiga nama tokoh, dan simulasi head-to-head dua nama tokoh, ucap Peneliti Utama PWS Sharazani.

"Jika Pilpres hanya diikuti dua capres, Prabowo versus Ganjar, ternyata sebanyak 52,6 persen responden menyatakan dukungannya pada Prabowo. Sementara itu, Ganjar hanya dipilih oleh 42,8 persen atau terpaut sekitar 10 persen dari Prabowo. Lebarnya gap elektabilitas kedua capres ini dikarenakan jika Pilpres hanya diikuti dua calon, pendukung Anies cenderung bermigrasi ke Prabowo daripada ke Ganjar," katanya.

Kemudian, saat Prabowo dihadapkan dengan Anies dalam simulasi dua nama tokoh, Ketua Umum Gerindra itu unggul dengan 58,4 persen suara, sementara Anies memperoleh 36,5 persen suara.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Survei PWS: Mayoritas responden pilih Prabowo, Ganjar di urutan kedua
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024