Gibran dinilai potensial sebagai bacawapres 2024

id Survei PWS,Political Weather Stations,Pilpres 2024,Gibran Rakabuming Raka,Erick Thohir,Prabowo Subianto,Ganjar Pranowo,A

Gibran dinilai potensial sebagai bacawapres 2024

Tangkapan layar hasil survei Political Weather Stations (PWS) terkait dengan elektabilitas bakal calon wakil presiden dalam simulasi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang disiarkan di Jakarta, Kamis (24/8/2023). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Jakarta (ANTARA) - Hasil survei Political Weather Stations (PWS) yang dirilis di Jakarta, Kamis, menunjukkan nama putra sulung Presiden RI Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, masih dinilai potensial sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam simulasi pilpres yang dibuat oleh PWS, pasangan bakal calon presiden Prabowo Subianto dan Gibran memperoleh mayoritas suara sebanyak 41,2 persen suara dari 1.200 responden, diikuti oleh pasangan potensial lainnya Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno 35,6 persen, kemudian Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 21,5 persen.

Peneliti Utama PWS Sharazani saat memaparkan hasil survei di Jakarta, Jumat, menyebut nama Gibran masuk dalam daftar tiga teratas untuk tokoh-tokoh yang dinilai potensial maju sebagai cawapres.

"Yang fenomenal dalam bursa cawapres adalah munculnya nama Gibran Rakabuming Raka. Wali Kota Surakarta ini disebut secara spontan oleh 13,4 persen responden alias masuk tiga besar bersama Ridwan Kamil dan Erick Thohir," kata Sharazani.

Tingkat elektabilitas itu diperoleh oleh PWS saat mereka menanyakan tokoh-tokoh yang menjadi top of mind para responden untuk posisi cawapres. Di urutan pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang memperoleh 15,2 persen suara, diikuti dengan Menteri BUMN Erick Thohir dengan 14,5 persen suara.

Sharazani menyampaikan nama Gibran dan Erick Thohir bersaing ketat saat responden ditanya mengenai pendamping Prabowo.

"Sebanyak 18,6 persen responden menyebut Gibran adalah sosok paling tepat untuk mendampingi Prabowo. Gibran bersaing ketat dengan Erick Thohir yang dipilih oleh 18,1 persen responden," kata Sharazani.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Survei PWS: Nama Gibran masih dinilai potensial sebagai bakal cawapres
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024