Buruan miliki, Samsung Galaxy Tab A9, gawai ringan permudah belajar

id samsung,galaxy tab a9,samsung galaxy tab a9,tablet samsung

Buruan miliki, Samsung Galaxy Tab A9, gawai ringan permudah belajar

Samsung Galaxy Tab A9. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA) - Alasan utama konsumen memilih tablet pada umumnya didasari kebutuhan produktivitas, termasuk belajar online, menginginkan gawai yang lebih besar dari ponsel, namun, tidak sebesar laptop.

Samsung Galaxy Tab A9, yang dirilis tahun lalu, menjawab kebutuhan tersebut, masih lebih besar dibandingkan ponsel, namun, tidak sebesar dan seberat laptop.

Samsung seolah ingin mengajak konsumen bernostalgia kembali pada era 2010an dengan Galaxy Tab A9 ketika tablet masih berukuran 8 inci, namun, dengan banyak fitur yang mendukung produktivitas, terutama belajar jarak jauh.



Layar dan bodi tablet

Ketika layar ponsel menjadi semakin besar, Samsung justru membuat tablet anyar Galaxy Tab A9 lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya Galaxy Tab A8. Apa pun alasan Samsung, memperkecil ukuran layar dari 10,5 inci Galaxy Tab A8 menjadi 8,7 inci ialah keputusan yang tepat.

Gawai tidak hanya menjadi ringan ketika dibawa bepergian, namun, juga, lebih mudah dipakai terutama ketika sedang tidak berada di depan meja. Misalnya, ketika sedang berada dalam mobil dan harus mengikuti konferensi video, Galaxy Tab A9 masih bisa dipegang menggunakan satu tangan.
Samsung Galaxy Tab A9. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Jika dibandingkan dengan tablet 10 inci, pengguna lebih cepat beradaptasi dengan layar Galaxy Tab A9 karena rasio bodi mirip ponsel, hanya lebih besar. Ketika Galaxy Tab A9 digunakan secara vertikal, rasanya seperti menatap ponsel ukuran besar.

Sebaliknya, ketika digunakan dalam posisi lanskap, kedua tangan tidak terasa dipenuhi tablet, pengguna masih bisa menyentuh layar menggunakan kedua ibu jari. Ketika satu tangan digunakan untuk menopang tablet dan tangan lain mengoperasikannya, gawai tidak terasa berat berkat bobotnya yang hanya 333 gram untuk versi LTE.

Dengan ukuran yang lebih kecil tersebut, Samsung Galaxy Tab A9 adalah pilihan yang cocok ketika ingin memberikan tablet kepada anak sekolah.

Samsung menggunakan resolusi WXGA+ 1340 x 800 pada Galaxy Tab A9. Secara keseluruhan, dimensi gawai tersebut ialah 124,7 x 211 x 8 milimeter.

Desain unibodi nan ramping Galaxy Tab A9 dipadukan dengan bodi belakang bertekstur lembut menjadikan tablet itu nyaman dipegang.

Kamera

Samsung menyematkan resolusi kamera yang cukup untuk mendukung kebutuhan belajar online.

Pada bagian belakang, Samsung hanya menyematkan satu kamera dengan lensa 8MP, yang cukup digunakan untuk aktivitas sehari-hari, misalnya memotret objek untuk tugas sekolah.

Selama pencahayaan cukup, kamera belakang Galaxy Tab A9 mendukung penggunaan dalam dan ruangan.  

Fitur pendukung belajar

Samsung menawarkan sejumlah fitur bawaan yang dapat dioptimalkan untuk mendukung kegiatan belajar.

Pertama, Samsung memiliki fitur bawaan Notes yang bisa digunakan untuk mencatat, apakah mencatat penjelasan ketika sedang sekolah online atau mencatat hal-hal penting ketika mencari referensi artikel di dunia maya.


Menikmati konten

Galaxy Tab A9 dirancang untuk pengguna yang ingin leluasa mengakses konten di manapun mereka berada, apakah konten edukasi atau hiburan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, layar tablet yang berukuran 8,7 inci dan bobotnya yang ringan membuat Galaxy Tab A9 leluasan untuk dibawa bepergian sehingga penonton bisa mengakses konten di mana saja.

Samsung memberikan refresh rate sebesar 60Hz yang cukup untuk mendukung perpindahan gerak gambar saat menonton film. Selain itu, kenyamanan mengakses konten juga didukung speaker (pengeras suara) ganda yang berada pada sisi kanan-kiri tablet ketika digunakan secara lanskap.

Samsung Kids

Penggunaan Galaxy Tab A9 untuk anak-anak diperkuat kehadiran aplikasi Samsung Kids yang berisi kurasi fitur-fitur yang diperlukan anak-anak, khususnya usia sekolah dasar, ketika berselancar di dunia maya. Samsung Kids secara otomatis terpasang pada tablet.

Dengan pengaturan yang sederhana, orang tua bisa membuka Samsung Kids sebelum memberikan tablet kepada anak. Dalam mode Samsung Kids,anak-anak akan mendapatkan peramban, galeri dan kamera sendiri.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Samsung Galaxy Tab A9, gawai ringan yang permudah belajar di mana saja
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024