Presiden Jokowi: Butuh usaha bersama untuk mengatasi polusi udara

id penanganan polusi udara,polusi jabodetabek,dampak polusi

Presiden Jokowi: Butuh usaha bersama untuk mengatasi polusi udara

Arsip Foto - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur mengerahkan kendaraan untuk melakukan penyemprotan air di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Jumat (25/8/2023), dalam upaya mengurangi polusi udara. (ANTARA/Syaiful Hakim/aa)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa usaha bersama dibutuhkan untuk mengatasi polusi udara di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Ya ini dibutuhkan usaha bersama. Semuanya harus melakukan, (termasuk melakukan) perpindahan dari (sarana) transportasi pribadi ke (sarana) transportasi publik dan massal," katanya kepada wartawan setelah meninjau sekolah menengah kejuruan negeri di Semarang, Jawa Tengah, Rabu.

"Ini memang perlu kerja total, kerja bersama-sama, tetapi memerlukan waktu, tidak bisa langsung. Banyak yang akan kita kerjakan untuk menyelesaikan (masalah) ini, tetapi memang bertahap ya (prosesnya)," kata Presiden.

Presiden mengatakan, pemerintah telah melakukan upaya modifikasi cuaca serta menggiatkan penanaman pohon di lingkungan perkantoran guna menurunkan polusi udara.

Dalam upaya mengurangi polusi udara, pemerintah juga mengkaji pemberlakuan aturan bekerja dari rumah bagi aparatur sipil negara, meningkatkan pengawasan terhadap pengoperasian pembangkit listrik tenaga uap, dan melaksanakan uji emisi pada kendaraan bermotor.

Presiden mengingatkan para pelaku industri bahwa sanksi akan dikenakan kepada industri-industri yang tidak menaati aturan pengendalian emisi gas sehingga menyebabkan penurunan kualitas udara di daerah sekitarnya.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden: Butuh usaha bersama untuk mengatasi polusi udara
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024