Pecahkan Rekor MURI, Festival "Kue Manco 2023"

id festival manco 2023,manco,manco madiun,manco kabupaten madiun,festival manco madiun 2023 pecahkan rekor MURI,madiun,jati

Pecahkan Rekor MURI, Festival "Kue Manco 2023"

Bupati Madiun Ahmad Dawami bersama jajaran menerima sertifikat penghargaan MURI atas Festival Manco Madiun 2023 di lapangan Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, sebagai sajian kue manco terbanyak, yakni 50 ribu kue di 455 gunungan sesuai dengan Hari Jadi ke-455 Kabupaten Madiun. ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Madiun

Madiun (ANTARA) - Festival Manco Madiun 2023 yang digelar oleh Pemerintah Desa Tambakmas di lapangan Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu, berhasil memecahkan rekor dan tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Piagam Penghargaan MURI tersebut diserahkan oleh MURI Representative Sri Widayati kepada Bupati Madiun Ahmad Dawami sebagai sajian kue manco terbanyak pada Minggu. Adapun manco merupakan kue atau jajanan khas Kabupaten Madiun.

"Kami mengumumkan sekaligus mengesahkan bahwa Festival Manco Madiun 2023 resmi tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai rekor yang 11.202 dengan sajian kue manco terbanyak, yaitu 50 ribu kue di 455 gunungan sesuai dengan Hari Jadi ke-455 Kabupaten Madiun," ujar Sri Widayati di sela penyerahan penghargaan yang disaksikan oleh warga di Madiun, Minggu.

Selain itu, rekor tersebut juga diberikan kepada Camat Kebonsari dan Kepala Desa Tambakmas selaku pemrakarsa dan penyelenggara kegiatan tersebut.

Pihaknya mengapresiasi program yang diinisiasi oleh oleh camat dan kades tersebut, sehingga mampu mendongkrak manco menjadi ikon jajanan Kabupaten Madiun.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan melalui Rekor MURI tersebut kue manco akan lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai makanan khas Kabupaten Madiun.

Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan antar-masyarakat dan mempertahankan pangan kue manco tersebut.

"Kerukunan di Desa Tambakmas harus tetap dijaga, karena kue manco ini tidak hanya tercatat di nasional tapi mendunia. Ini yang harus kita jaga bersama," kata Bupati Ahmad Dawami.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Festival Kue Manco Kabupaten Madiun 2023 pecahkan Rekor MURI
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024