Dinas Perdagangan Kulon Progo mengajak APPSI bangkitkan pasar rakyat

id Pasar rakyat,Kulon Progo

Dinas Perdagangan Kulon Progo mengajak APPSI bangkitkan pasar rakyat

Kondisi Pasar Rakyat Ngangkrok di Kabupaten Kulon Progo. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengajak Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia untuk membangkitkan kembali pasar rakyat dengan menciptakan suasana pasar yang nyaman.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kulon Progo Sudarna di Kulon Progo, Senin, mengatakan pasar rakyat mengalami penurunan dalam segi jumlah pengunjung dan pembeli karena memang tren pembelian masyarakat saat ini melalui toko daring.

Selain itu juga disebabkan banyaknya toko-toko/warung-warung di luar pasar yang menjual barang dagangan sejenis.

Menurut dia,  pembangunan dan penataan pasar rakyat kurang memberikan kenyamanan berbelanja layaknya pasar modern.

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan kenyamanan bagi pengunjung atau calon pembeli, Dinas Perdagangan telah melakukan banyak hal.

Pada 2022 dilakukan kegiatan merti pasar untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke pasar rakyat dengan mengadakan undian belanja berhadiah bagi pengunjung pasar.

Kemudian,  melakukan rehabilitasi terhadap bangunan di lingkungan pasar meliputi rehab atap pasar, rehab halaman pasar, rehab drainase dan pengelolaan persampahan. Rehabilitasi pasar dengan mempertimbangkan pasar cagar budaya, sehingga dapat mempertimbangkan aspek bangunan fisiknya.

"Kami juga mengusulkan rehab pasar dan usulan penambahan sarana prasarana selain melalui APBD rutin juga melalui dana keistimewaan," katanya.

Sudarna mengatakan Dinas Perdagangan bekerja sama dengan UPT Pengelolaan Persampahan Air Limbah dan Pertamanan untuk pengambilan sampah di pasar. Harapannya, pasar rakyat bersih.

"Kami juga melakukan pembinaan kepada petugas pasar untuk melakukan ketugasan dan pelayanan dengan sebaik-baiknya, di antaranya petugas kebersihan, petugas keamanan dan petugas penarik retribusi supaya bekerja dengan baik," katanya.

Hal yang tidak kalah penting, Dinas Perdagangan juga melalukan pembinaan kepada pengurus APPSI di wilayah Kulon Progo dengan meningkatkan peran aktif APPSI untuk bersama sama menciptakan suasana pasar yang nyaman.

"Harapannya, pasar menjadi salah satu tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024