Polres Kulon Progo gelar apel kesiapan operasi Mantap Brata Progo

id Operasi Mantap Brata,Polres Kulon Progo,Pemilu 2024,Kulon Progo

Polres Kulon Progo gelar apel kesiapan operasi Mantap Brata Progo

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati mengecek kondisi sarana dan prasarana penunjang Operasi Mantap Brata Progo 2023-2024. (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan apel kesiapan sarana dan prasarana hingga gladi sistem pengamanan dalam kota menjelang Operasi Mantab Brata Progo 2023-2024 dalam rangka mendukung dan mensukseskan pesta demokrasi Pemilu Serentak 14 Februari 2024.

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setiyowati di Kulon Progo, Jumat, mengatakan menjelang Ops Mantap Brata Progo 2023-2024, Polres Kulon Progo melaksanakan sejumlah kesiapan sarana dan prasarana, salah satunya dengan pelaksanaan apel kesiapan sarpras dan simulasi sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota).

"Dalam rangka mendukung dan mensukseskan pesta demokrasi yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada 14 Februari 2024 mendatang bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu saja, tetapi juga tanggungjawab seluruh elemen masyarakat .Untuk itu, seluruh unsur dapat mengawal bersama semua tahapan pemilu dan kondusifitas wilayah," kata Nunuk.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Kulon Progo AKPB Nunuk Setiyowati melakukan pengecekan satu persatu kendaraan dinas guna memastikan kelaikan, termasuk kelengkapan bawaan kendaraan diantaranya, lampu rotator, helm, serta kelengkapan bawaan lain seperti bagasi motor.

Ia mengatakan kegiatan simulasi dan pengecekan sarpras ini dilaksanakan sebagai langkah awal Polres Kulon Progo dalam rangka mempersiapkan sarana dan prasarana Ops Mantap Brata Progo 2023-2024. Harapan sarana dan prasarana yang akan digunakan nantinya dalam keadaan siap operasional.

Menurut kapolres, tidak hanya sarana dan prasarana saja harus siap personel yang mengawasi kendaraan dan alat pendukung juga dipastikan harus siap Pelaksanaan Pemilu dapat harus kondusif supaya masyarakat nyaman untuk melaksanakan haknya

“Bahwa segala bentuk potensi konflik harus diredam, Polri sebagai garda terdepan bersama dengan pemangku kepentingan terkait, serta menggandeng Pemangku kepentingan, penyelenggara pemilu dan tokoh masyarakat melalui program cooling system yang melibatkan seluruh komponen bangsa , tokoh nasional, tokoh agama dan tokoh adat, Kapolri berharap kamtibmas dapat terkendali untuk mendukung Pemilu 2024 yang lancar dan damai," katanya.

Lebih lanjut, Nunuk berharap apel sarpras ini, seluruh personel Polres dan polsek jajaran meningkatkan kesiapan sarana prasarana dan kemampuan serta kebugaran dalam menghadapi tahun Politik 2024.

"Kita semua anggota Polri harus netral dalam Pemilu 2024," katanya.