BKPP Kulon Progo mencatat pendaftar PPPK sebanyak 240 orang

id PPPK,Kulon Progo

BKPP Kulon Progo mencatat pendaftar PPPK sebanyak 240 orang

PPPK Kulon Progo menunggu dilantik. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kulon Progo, mencatat 240 orang melamar menjadi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja dari total 381 formasi yang buka.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulon Progo Sudarmanto di Kulon Progo, Yogjakarta, Sabtu, mengatakan adapun rincian pelamar yang masuk, yakni PPPK guru sebanyak 243 orang, tenaga teknis 13 orang, dan tenaga kesehatan sebanyak empat orang.

"Masih ada waktu pendaftaran sampai 9 Oktober. Kami optimistis pelamar masih memenuhi jumlah formasi yang dibutuhkan," kata Sudarmanto.

Ia mengatakan total 381 formasi yang buka terdiri dari formasi guru 247 orang, tenaga kesehatan 52 orang, tenaga teknis 82 orang.

Menurut dia, jumlah pelamar di setiap formasi yang dibuka cukup tinggi, meski jumlah pendaftar untuk tenaga kesehatan masih sedikit.

"Mungkin lagi mencari persyaratan karena formasi yang ada butuh bukti pengalaman kerja, dan syarat lainnya. Biasanya di akhir pendaftaran melonjak jumlah pendaftarnya," katanya.

Sudarmanto mengatakan pelaksanaan pengadaan ASN di 2023 berupa Pengadaan PPPK sejumlah 381 formasi, yakni PPPK guru, PPPK tenaga kesehatan dan PPPK teknis. Harapannya dapat membantu pemenuhan kebutuhan SDM yang pada 2023 ini yang akan memasuki pensiun sejumlah 397 ASN.

Selain itu, pembukaan formasi PPPK 2023 merupakan langkah-langkah pemenuhan ASN baik tenaga guru, kesehatan dan teknis sesuai dengan kewenangan dengan mengusulkan sesuai kebutuhan dan kemampuan daerah ke pemerintah pusat melalui usulan formasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Pembukaan formasi ini sesuai dengan prioritas yang dibutuhkan dan sesuai kemampuan daerah dan pertimbangan jumlah ASN yang pensiun.

"Kami berharap pengadaan PPPK dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia untuk pegawai di Kulon Progo," katanya.

Selain itu, lanjut Sudarmanto, upaya pemenuhan kebutuhan ASN melalui seleksi mutasi masuk yang sesuai formasi dan persyaratan pada 2023 sudah melaksanakan seleksi masuk sejumlah 44 orang pegawai dari luar daerah Kabupaten Kulon Progo.

"Saat ini masih dalam proses seleksi," katanya.