Area hutan dan lahan terbakar di Gunung Lawu dibom air

id kebakaran gunung lawu,kebakaran hutan lahan,penanggulangan karhutla

Area hutan dan lahan terbakar di Gunung Lawu dibom air

Asap dari hutan dan lahan yang terbakar di Gunung Lawu terlihat dari Karanggubito, Kendal, Ngawi, Jawa Timur, Senin (2/10/2023). (ANTARA FOTO/Siswowidodo/tom)

Ngawi (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur bersama instansi terkait memetakan area hutan dan lahan yang terbakar di Gunung Lawu guna mendukung operasi pemadaman kebakaran menggunakan metode pengeboman air.

Seusai rapat koordinasi penanganan kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu di Kabupaten Ngawi, Senin sore, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur Gatot Soebroto menyampaikan bahwa pemetaan lokasi kebakaran hutan dan lahan dilakukan untuk memudahkan upaya pemadaman dari udara.

Ia mengatakan bahwa pemetaan juga mencakup lokasi sumber air yang akan digunakan untuk melakukan pengeboman air.

Rencananya, menurut dia, air untuk operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan dari udara diambil dari Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan menggunakan sarana dengan kapasitas angkut sekitar 1.000 liter sebanyak 50 kali.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ia melanjutkan, sudah siap mengoperasikan satu helikopter untuk melakukan pengeboman air di Gunung Lawu.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD petakan area hutan dan lahan yang terbakar di Gunung Lawu
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024