Rayakan Hari Batik Nasional, ACC beri pelatihan membatik untuk UMKM

id batik,acc,umkm

Rayakan Hari Batik Nasional, ACC beri pelatihan membatik untuk UMKM

Pelatihan membatik bagi UMKM (ANTARA/HO-ACC)

Yogyakarta (ANTARA) - Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan pertama Astra, merayakan Hari Batik Nasional dengan memberikan pelatihan membatik untuk UMKM yang tergabung dalam Asosiasi Batik Mukti Manunggal yang merupakan UMKM binaan dari Berijalan.

Pelatihan membatik ini diadakan di Omah Batik Sekar Turi, Gatak Donokerto Turi, Sleman pada Senin (2/10). Pelatihan ini dibuka langsung oleh Human Capital Berijalan Head Sri Rahayu Gunadi dengan didampingi oleh Koordinator Divisi Riset dan Pengembangan Produk Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Sleman Agung Tri Rahmanto dan Sekretaris Asosiasi Batik Mukti Manunggal Haryati Suroso.

Kegiatan pelatihan membatik untuk UMKM binaan Berijalan ini diawali dengan pemaparan teori membatik dan pra workshop yang dilakukan di Kantor Berjalan pada tanggal 22 September 2023 lalu kepada 60 UMKM. Dari 60 UMKM ini dipilih 20 UMKM untuk mengikuti tahap kedua yaitu praktik pengembangan desain batik klasik dan kontemporer.

Praktik pengembangan desain batik ini diajarkan langsung oleh founder Batik Leksha Ganesha Tatang Elmy Wibowo.

Human Capital Berijalan Head Sri Rahayu Gunadi mengatakan bahwa pelatihan membatik ini merupakan hasil kolaborasi antara Berijalan dan Asosiasi Batik Mukti Manunggal.

"UMKM binaan Berijalan ini merupakan para pengrajin batik. Kami membantu meningkatkan keterampilan para pengrajin batik ini sehingga usaha mereka dapat berkembang. Selain itu kami juga memberikan literasi keuangan untuk mendukung usaha UMKM binaan Berijalan ini," ujar Sri Rahayu.

Kegiatan pelatihan membatik untuk UMKM binaan Berijalan ini juga merupakan kegiatan literasi keuangan untuk mensukseskan Puncak Bulan Inklusi 2023 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain pelatihan membatik, ACC juga mengadakan literasi keuangan bertajuk "Educlass" di sekolah menengah kejuruan (SMK) dan universitas di Jakarta dan Bandung. Selain itu, literasi keuangan untuk UMKM berupa Dana Bergulir, Coaching UMKM dan Pelatihan UMKM di Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan Pontianak.

Sustainability saat ini menjadi isu yang sangat penting dan menjadi perhatian di masyarakat. ACC sebagai perusahaan pembiayaan juga ikut berkontribusi dalam mewujudkan operasional bisnis yang ramah lingkungan.  ACC mengemas program keberlanjutan ini dalam tajuk “Sustainability Movement For A Better Living”.

Terdapat dua kegiatan utama yang dijalankan oleh ACC yaitu program penghijauan dan juga program pemasangan solar panel untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. 

ACC telah menyerahkan 600 bibit pohon langka dan bibit pohon produktif di wilayah Kampung Berseri Astra Lengkong Kulon. Selain itu, ACC juga secara simbolis melakukan pemasangan solar panel di kantor cabang ACC setelah sebelumnya ACC juga melakukan pemasangan solar panel di kantor Berijalan Digital Operation Center, Yogyakarta.

Pemasangan solar panel ini berkontribusi terhadap lingkungan antara lain dengan membantu mengurangi karbon sebanyak 6 ton per tahun. Pemasangan solar panel ini juga setara dengan menanam 287 pohon per tahun serta setara dengan mengurangi perjalanan kendaraan bermotor roda 4 sejauh 147,062 kilometer per tahun.

Dengan program-program ini ACC ikut berperan serta dalam program sustainability yang sedang digalakkan oleh pemerintah serta mendukung sustainability aspirations Astra.