ASEAN- China Center fasilitasi ekonomi digital

id ekonomi digital,asean-china,china-asean,asean-china center,acc beijing,Shi Zhongjun

ASEAN- China Center fasilitasi ekonomi digital

Arsip - Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun (kiri) bersama Sekretaris Jenderal ASEAN-China Center (ACC) Shi Zhongjun di Wisma Duta KBRI Beijing. (ANTARA/ACC)

Beijing (ANTARA) - ASEAN-China Center (ACC) bersedia memfasilitasi kedua belah pihak dalam meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi digital, kata Sekretaris Jenderal ACC Shi Zhongjun.

"Kami akan terus berperan aktif sebagai jembatan antara ASEAN dan China dalam meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi digital," katanya di Beijing, Minggu.

Menurut dia, hal itu sesuai dengan yang diamanatkan Perdana Menteri China Li Keqiang bahwa pihaknya akan memberikan pelatihan kepada 1.000 tenaga profesional dari negara-negara anggota ASEAN di bidang ekonomi digital dalam tiga tahun ke depan.

Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi memperkirakan sektor ekonomi digital di ASEAN bakal meningkat dari 1,3 persen PDB pada 2015 menjadi 8,5 persen pada 2025.

ASEAN-China sudah memiliki Rencana Aksi Implementasi Kemitraan Ekonomi Digital selama 2021-2025. Rencana aksi tersebut diperkuat dengan implementasi Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP).

Baru-baru ini ACC juga menggelar ASEAN-China Digital Economy Cooperation Dialogue, baik luring maupun daring yang dihadiri Sekjen ACC Shi Zhongjun, Deputi Sekjen ASEAN bidang Ekonomi Masyarakat Satvinder Singh, Duta Besar China untuk ASEAN Deng Xijun, Wakil Dubes Thailand untuk China Benjamin Sukanjanajtee, dan pejabat Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Myanmar Lei Lei Oo*.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ACC fasilitasi kerja sama ekonomi digital
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024