Istana benarkan Mentan SYL ajukan permohonan bertemu Presiden

id Mentan SYL, Presiden Jokowi, Istana Kepresidenan

Istana benarkan Mentan SYL ajukan permohonan bertemu Presiden

Arsip foto - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pengeledahan di rumah pribadi Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Jalan Pelita Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (4/10/2023). ANTARA FOTO/Hasrul Said/YU/foc.

Jakarta (ANTARA) - Istana Kepresidenan melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membenarkan bahwa Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta permohonan untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Ada permohonan Pak SYL (Syahrul Yasin Limpo) menghadap Bapak Presiden. Perihalnya tidak disampaikan," kata Pratikno saat dihubungi melalui aplikasi pesan singkat di Jakarta, Kamis.

Atas permintaan SYL itu, Pratikno mengatakan pihaknya sudah menjadwalkan untuk menerima Mentan Syahrul Yasin Limpo pada hari ini, Kamis. Namun, pertemuan tersebut masih mencari waktu yang tepat.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi perihal kabar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) bakal menghadap dirinya ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis ini.

Kepala Negara mengaku belum mengetahui kabar tersebut. Dirinya meminta agar hal tersebut dikonfirmasi kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Sejak Kamis pagi, beredar informasi SYL akan ke Istana Kepresidenan pada Kamis sore, setelah mendatangi Polda Metro Jaya dan menggelar kegiatan internal di kementeriannya.

Syahrul terdeteksi telah kembali ke Indonesia pada Rabu (4/10) petang setelah dikabarkan "hilang kontak" pasca-lawatan kerja ke Eropa di tengah pengusutan kasus dugaan korupsi di kementeriannya.

Dia berangkat ke Italia pada 24 September 2023, kemudian melanjutkan lawatannya ke Spanyol. Ia awalnya dijadwalkan kembali tiba di Tanah Air pada Sabtu (30/9), namun dirinya berpisah dengan delegasi Kementan dan tidak dapat dihubungi hingga Senin (2/10).

Penyidik KPK pada Jumat, 29 September 2023, mengumumkan telah meningkatkan status kasus dugaan korupsi di Kementan ke tahap penyidikan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Istana benarkan Mentan SYL ajukan permohonan bertemu Presiden
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024