Disdik Gunungkidul deklarasikan "Optimis Kurika" kualitas pendidikan

id Gunungkidul,kurikulum merdeka

Disdik Gunungkidul deklarasikan "Optimis Kurika" kualitas pendidikan

Guru di Gunungkidul. (ANTARA/HO-Dokumen Dinas Pendidikan Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan deklarasi program "Optimis Kurika” atau Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di wilayah ini.

Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul Nunuk Setyowati di Gunungkidul, Senin, mengatakan deklarasi program Optimis Kurika merupakan upaya dalam meningkatkan pembelajaran melalui pembelajaran yang bermakna, menyenangkan, kreatif dan inovatif sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing.

"Diharapkan mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sehingga pendidikan Kabupaten Gunungkidul semakin berkualitas, maju dan bermartabat," kata Nunuk.

Ia mengatakan, deklarasi ini merupakan upaya dalam meningkatkan pembelajaran melalui pembelajaran yang bermakna , menyenangkan kreatif, inovatif sesuai dengan karakteristik anak dan mampu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinnekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

Nunuk mengatakan, deklarasi ini diharapkan mampu meningkatkan layanan pendidikan di Gunungkidul sekaligus meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dalam rangka mewujudkan Gunungkidul semakin berkualitas, maju dan bermartabat. Jumlah sekolah jenjang sekolah dasar yang ada di Kabupaten Gunungkidul ada 466 SD, dengan rincian negeri berjumlah 405 SD dan swasta 61 SD.

"Semoga dengan diluncurkannya program ini, bisa meningkatkan kualitas pendidikan dan anak kita bisa bersaing global," kata dia.

Dia berharap, pelaksanaan program ini bisa berjalan dengan lancar, meski dengan jumlah anggaran yang terbatas.

"Kita dukung Optimis Kurika mudah-mudahan kurikulum merdeka yang ada di Kabupaten Gunungkidul dapat berjalan dengan baik dan satu tujuan kita untuk pendidikan meskipun kita masih berusaha karena banyaknya satuan pendidikan di Kabupaten Gunungkidul ada lebih dari 1.000 satuan pendidikan dengan keterbatasan dana," kata dia.