BKPP Gunungkidul adakan seleksi kompetensi dasar CP3K

id Gunungkidul,P3K

BKPP Gunungkidul adakan seleksi kompetensi dasar CP3K

P3K di Gunungkidul. ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul (ANTARA) - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengadakan seleksi kompetensi dasar terhadap calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CP3K) di lingkungan pemerintah setempat mulai Senin (20/11) hingga Selasa.

Kepala Bidang Formasi Pengembangan Data Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul Farid Juni Haryanto di Gunungkidul, Selasa, mengatakan bahwa tahapan rekrutmen CP3K sudah memasuki tes seleksi kompetensi dasar.

Farid menyebutkan total peserta yang berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) sebanyak 1.075 orang.

Penerimaan CP3K sejak 14 November 2023, berikutnya pada tanggal 20—21 November 2023 tahapan SKD.

Dari 1.075 calon yang mendaftar, kata dia, tidak semua peserta melaksanakan tes di DIY karena ada 61 peserta memilih tes di luar daerah.

Peserta tes P3K di DIY dipusatkan di Kota Yogyakarta. Namun, lanjut dia, ada puluhan peserta yang memilih tes di luar daerah.

Sesuai dengan peraturan, peserta boleh memilih lokasi tes sesuai dengan keinginan mereka. Oleh karena itu, menurut dia, tidak ada masalah ketika peserta CP3K memilih tes di luar DIY.

Pada hari pertama tes di DIY, kata Farid, jumlah peserta 512 orang. Pada hari kedua, jumlah peserta yang mengikuti SKD sebanyak 502 orang.

"Jadi, kalau ditotal dengan yang tes di luar daerah, ada 575 CP3K ikut tes SKD," ungkapnya.

Kepala BKPPD Gunungkidul Iskandar meminta kepada peserta CP3K untuk tidak mempercayai adanya modus penipuan berkedok membantu di dalam penerimaan.

Iskandar menegaskan bahwa penerimaan sangat bergantung pada kemampuan masing-masing peserta.

"Kalau ada yang memberikan iming-iming bisa membantu dan meminta imbalan merupakan modus penipuan. Penerimaan semuanya gratis," kata Iskandar.

Menurut dia, sempat ada masa perpanjangan pendaftaran sehingga berdampak pada tahapan dalam rekrutmen.

"Meski ada perubahan, kami berharap pelaksanaan di Gunungkidul dapat berjalan dengan lancar," katanya.