Ekonom sebut uang triliunan rupiah mengalir pada Pemilu 2024

id chatib basri,ekonom,pemilu,uang pemilu

Ekonom sebut uang triliunan rupiah mengalir pada Pemilu 2024

Ekonom senior Chatib Basri dalam kegiatan BTPN Economic Outlook di Jakarta, Rabu (22/11/2023). (ANTARA/HO-BTPN)

Jakarta (ANTARA) - Ekonom senior Chatib Basri memprediksi akan ada uang senilai triliunan rupiah yang bergulir di saat hari pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang bisa berdampak positif pada ekonomi Indonesia.

Hal itu menurutnya berdasarkan perhitungan jika setiap partai politik mengirimkan saksi ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Indonesia yang berjumlah 800 ribu lebih. Setiap saksi itu, tentunya diberi akomodasi uang oleh partai pengirim.

"Kalau katakanlah satu orang dalam satu hari Rp100 ribu, tiga kali makan, ada tiga orang kali 800 ribu TPS, pada hari itu untuk satu partai saja pengeluarannya butuh sekitar Rp240 miliar," kata Chatib dalam kegiatan BTPN Economic Outlook 2024 di Jakarta, Rabu.

Kemudian, menurutnya jika ada 10 partai yang mengirim para saksi itu ke TPS, maka uang yang bergulir dalam satu hari pelaksanaan pemilu tersebut totalnya bisa mencapai Rp2,4 triliun.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ekonom prediksi ada uang triliunan rupiah bergulir di hari pemilu
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024