Menyebar ke Nusantara, kentongan bambu dukungan AMIN

id Pilpres, pemilu, Anies-Muhaimin, Ganjar-Mahfud, Prabowo-Ganjar

Menyebar ke Nusantara, kentongan bambu dukungan AMIN

Ilustrasi - Gerakan kentongan bambu pertanda dukungan pasangan AMIN. (ANTARA/Fauzi Lamboka/dok)

Purwakarta (ANTARA) - Sekretariat Kolaborasi Indonesia menyebutkan gerakan kentongan bambu sebagai simbol menyuarakan perubahan bagi pendukung Capres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar (AMIN) sudah merambah ke pelosok nusantara.

"Simbol gerakan ini sudah tersebar ke pelosok nusantara," kata Wasekjen Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI), Solihin Nurodin di Purwakarta, Minggu.

Ia mengatakan bahwa gerakan kentongan bambu sekarang ini tidak hanya berada di pulau Jawa. Namun sudah menyebar dan merambah ke seluruh nusantara seperti Aceh, Kalimantan hingga Papua. 

Disebutkan, kentongan bambu dengan ritme bunyi lima hingga tujuh merupakan simbol para pendukung AMIN diberbagai daerah untuk menyuarakan perubahan. 

Bunyi kentongan bambu itu juga merupakan kebulatan tekad pendukung Anies-Muhaimin untuk memenangkan hingga 57 persen.

Menurut dia, simbol gerakan kentongan bambu kini sudah tersebar ke pelosok nusantara. Sebarannya berbarengan dengan penyebaran jaringan saksi dan pendukung di titik-titik tempat pemungutan suara.

Ia mengatakan, di wilayah perdesaan warga yang menyelenggarakan workshop pemenangan membunyikan kentongan untuk mengingatkan para pendukung AMIN agar hadir dalam kegiatan itu.

“Gerakan pembasisan ini terus-menerus kami lakukan bersama dengan pendukung AMIN lainnya. Kami turut melakukan semacam workshop hingga tingkat kecamatan dan kabupaten,” kata dia. 

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024